Pembangunan MCK di Dusun Tiga Tidak Kunjung Selesai Kinerja Kades dan BendaharanyaDipertanyakan

IMG-20210204-WA0212.jpg

NIAS SELATAN (benuanews.com) – Pembangunan MCK di Dusun Tiga Tidak Kunjung Selesai Kinerja Kades dan Bendaharanya Dipertanyakan Masyarakat Desa Hilitotao Dusun Tigoa Kabupaten Nias Selatan.

“Kita pertanyakan kepada Kepala Desa kenapa pembangunan MCK yang mengunakan dana desa tahun 2020, tidak kunjung selesai, padahal sudah lewat tahun” kata salah seorang tokoh masyarakat Dusun Tiga YZ Buulolo, saat dihubungi. Kamis (4/2/2021).

Sikatan, Kepala desa Hilitotao kecamatan Aramo kabupaten Nias Selatan atas nama Tumbuzisokhi Ndruru diduga tidak transparan dalam pengelolaan anggaran dana desa tahun 2020 dan tidak memperhatikan masyarakatnya.

Selanjutnya masyarakat desa Hilitotao menduga adanya indikasi penyelewengan dana tersebut, karna pembangunan MCK di wilayah dusun tiga tak kunjung selesai.

Dia menambahkan, seluruh masyarakat setempat berharap moga pembangunan itu berlanjut karna sangat-sangat dibutuhkan oleh masyarakat, masyarakat sangat ingin memanfaatkan MCK tersebut.

Ada juga dugaan masyarakat bahwasanya bendahara desa adanya kerjasama dengan kepala desa sebab mereka adalah keluarga besar dan hal itu diduga karna HOK tenaga kerja sebanyak 6 orang selama 5 hari tidak terbayarkan dengan alasan dana atau uang telah habis atau tidak mencukupi.

Nama-nama pekerja berikut ini:
1.Bz Dakhi.
2.Rb Ndruru.
3.Sz Ndruru.
4.Fand Halawa.
5.Yw Ndruru.
6.Mt Ndruru.

Menurut keterangan tokoh adat atas nama Ft Laia, setelah menemui kepala desa dan mempertanyakan serta menghimbau dalam hal untuk melanjutkan pembangunan MCK tersebut, akan tetapi dengan tidak panjang cerita jawaban pak Kades tidak jauh beda dengan bendaharanya, keuangan telah habis atau tidak mencukupi (paparnya).

“Dengan jawaban kepala desa dan bendahara, kita tidak tahu apa yang terjadi, yang jelas penyampaiannya dana tidak cukup lagi, akan tetapi kita berharap pembangunan diselesaikan dengan segera, supaya MCK bisa dimanfaatkan masyarakat” ujarnya. (Ndruru).

scroll to top