Pemandian Irigasi Jembatan Gunung Nago, Destinasi Wisata Baru di Kota Padang

IMG-20210606-WA0069.jpg

Padang – Sebuah Destinasi Wisata baru hadir di Kota Padang.Pemandian Irigasi Jembatan Gunung Nago,demikian nama yang melekat di pemandian ini.Hal ini di karenakan lokasi pemandian ini terdapat di jln Irigasi Gunung Nago Kel Kapalo Koto Kec Pauh Kota Padang.

Menurut Rico seorang warga Kel Kapalo Koto,pemandian ini tadinya merupakan saluran irigasi untuk mengairi persawahan masyarakat yang ada di sekitar Kec Pauh.
“Pemandian ini merupakan irigasi yang berasal dari sungai Batang Gunung Nago”ujar Rico.

Tapi sejak 4 tahun yang lalu irigasi ini sudah berubah fungsi menjadi pemandian.”Tadinya hanya masyarakat sekitar,tapi lama kelamaan sudah banyak saja orang berdatangan untuk mandi-mandi ke sini”ujar Rico lagi.

Dengan ramainya aliran irigasi ini membawa berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar.Warung-warung bermunculan bak jamur di musim hujan.Masyarakat sekitar menjadi punya penghasilan tambahan dari berjualan.Bahkan Rico juga mempunyai usaha baru yakni jasa penyewaan ban.Untuk ban ukuran kecil Rico memasang tarif 6rb rupiah.Sedang yang ukuran besar 10rb rupiah.

Di samping masyarakat sekitar,banyak juga berdatangan pedagang-pedagang dari luar seperti Eri yang berjualan telur gulung.Setiap hari Eri bisa menjual lebih kurang 500 buah telur gulung dengan harga seribu rupiah sebuahnya.”Alhamdulillah,pemandian ini membawa berkah untuk ekonomi keluarga saya”ujar Eri.

Sementara Irwandi salah seorang warga Pauh mengatakan kalau dirinya hampir setiap hari mandi di aliran irigasi jembatan gunung Nago ini.”Dari dulu saya selalu mandi di sini”ujar Irwandi.Baru 4 tahun terakhir tempat ini ramai oleh pengunjung,lanjut Irwandi.

Yang membuat pemandian ini semakin ramai adalah pengunjung tidak di biaya sepeserpun.”Kami sengaja tidak memungut biaya agar tempat semakin ramai di kunjungi oleh para wisatawan.”ujar Rico.Dirinya berharap dengan gratisnya pemandian ini,maka pengunjung semakin ramai yang berimbas kepada para pedagang yang berjualan fi sekitar pemandian ini. MM

scroll to top