Pelatihan Relawan Tanggap Darurat Dan Perubahan Perilaku Di Era Pandemi Covid-19 Bagi Para Guru

IMG-20210904-WA0082.jpg

JAMBI.(Benuanews.com)-Di Era Pandemi Covid-19 Fakultas kedokteran unversitas jambi memberikan Pelatihan Relawan Tanggap Darurat Dan Perubahan kepada GURU dan materi yang disampaikan  Oleh Dr.dr. Humaryanto, Sp.OT, M.Kes, dr. Miftahurrahmah Sp.BA, dr.Huntari Harahap, M.Biomed, dr. Putri Sari Wulandari M.Ked.Trop.

Corona Virus Disease 2019 telah menjangkiti sekitar 126.063 orang di dunia. Dan menyebabkan kematian hingga 4.616 sejak 12 Maret 2020, dan virus Covid-19 ditetapkan oleh kesehatan dunia WHO sebagai pandemi di dunia termasuk Indonesia sendiri.

Virus Covid-19 sudah menyerang 1.528 orang yang positif Covid-19. 136 orang meninggal dunia. Virus ini berawal dari wuhan China, meluas hampir sampai 190 negara.

Virus ini dapat menyebabkan gangguan
pada saluran pernafasan, saluran cerna, demam, gangguan penciuman dan gangguan perasa. Gejala yang muncul mulai dari ringan hingga yang berat.

Pandemi covid 19 memberikan dampak yang cukup besar di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, Agama, pariwisata dan bidang sosial. Keadaan ini tidak hanya dirasakan di Indonesia, melainkan seluruh dunia.

Pemerintah telah berusaha mengatasi permasalahan tersebut Dengan cara memutus mata rantai penyebaran dan penularan serta meningkatkan upaya pencegahan.

Oleh sebab itu Fakultas kedokteran universitas Jambi dalam upaya peningkatan pencegahan covid 19 melakukan pengabdian ke masyarakat berupa pelatihan dengan judul

“pelatihan relawan tanggap darurat dan perubahan prilaku di era pandemi covid 19 pada tanggal 21 Agustus 2021″ pelatihan perubahan prilaku dan peningkatan imunitas di era pandemi covid 19”

pada tanggal 28 Agustus 2021. Pelatihan yang diperuntukkan kepada anggota PGRI kabupaten muaro Jambi dan Anggota PGRI Kota Jambi.

Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jambi sekaligus sebagai ketua pengabdian Dr.dr.Humaryanto, Sp.OT, M.Kes. serta kata sambutan dari bapak ketua PGRI kota Jambi  H.Arman SE, ME dan bapak ketua PGRI kabupaten muaro Jambi Ismiyanto,M.Pd

Pada pelatihan ini materi yang diberikan berupa edukasi pengetahuan bantuan hidup dasar dan kegawatan di sekolah dengan narasumber Dr.dr.Humaryanto, Sp.OT, M.kes.

Materi edukasi isolasi mandiri di sekolah oleh dr.Huntari Harahap, M.Biomed, pencegahan infekai tropis dan vaksinasi oleh dr.putri  sari wulandari , M.ked trop, dan permasalahan paikologi pada penyitas covid 19 oleh ibu Ema krisnawati, M.Psi. psikolog.

Pada kegiatan ke dua materi yang diberikan berupa cara penggunaan, pembuangan dan penyimpanan limbah masker dengan narasumber dr.Huntari Harahap, M.Biomed, update covid 19 dengan narasumber dr.Miftahurrahmah, Sp.BA, herbal medicine dengan narasumber ibu Fathur sani K, S.Farm.M.Farm.Apt dan Nutirsi di era covid 19 dengan narasumber dr.Fenny Amaliya, M.Gizi, Sp.GK

Materi-materi ini disampaikan secara daring selain dari pada itu untuk pengayaan materi peserta pelatihan diberikan tugas mandiri untuk melakukan sosialisasi materi yang diberikan kepada peserta didik di unit kerjanya.

kegiatan ini mendapatkan sambutan yang meriah dari peserta para anggota PGRI kota dan anggota PGRI kabupaten Muaro Jambi, dimana total peserta yang berpartisipasi pada kegiatan ini sebanyak 136 orang.

Kegiatan pengabdian ini selain sebagai jalinan silaturahmi antara FKIK UNJA dan anggota PGRI juga dapat meningkatkan pengetahuan mengenai dan perubahan prilaku di era covid 19.

Kegiatan ini juga memberikan penghargaan kepada peserta berupa doorprize yang terdiri dari tiga kategori berupa nilai pretest dan post test terbaik, pengumpul tugas tercepat dan pertanyaan terbaik.(***)

scroll to top