Patut di Apresiasi Gerak Cepat Johanes Saragih Dalam Menanggani lahan HGU Afd 2 PTPN IV Bahjambi

IMG-20221201-WA0038.jpg

Jawa Maraja Bahjambi,Simalungun,Benua News.com – Lahan HGU PTPN IV Bahjambi khususnya di Afdeling 2 yang beberapa waktu lalu di kuasai oleh kelompok petani penggarap saat ini telah kembali dikuasaai dan telah ditanami kembali.Lahan seluas 125 ha yang di kuasai oleh warga kampung Balige itu,kini selesai di tanam dan dilakukan perawatan oleh pegawai .
Hal itu di katakan oleh Johanes Saragih yang merupakan Asisten Afd 2 Bahjambi kepada awak media di lokasi.

Johanes Saragih menjelaskan bahwa HGU yang sempat dikuasai oleh warga Kampung Balige yang terdiri dari
70 ha areal Tanaman tahun 2020 dan
55 ha areal di tahun 2008.Dan
saat ini sudah berhasil ditanami kembali seluas 35 ha dari total 70 ha TT 2020, QQ 11qqq dan sudah dilaksanakan pekerjaan pemeliharaan tanaman kelapa sp111 sawit sesuai kebutuhan tanaman oleh pihak perkebunan. Sedangkan selebihnya lahan yang digarap oleh warga masih menunggu hasil pembicaraan dr pihak perusahaan kepada pengarap sebanyak 147 KK warga kampung Balige,” jelas Johanes Saragih.

Pihak managenment Afd 2 lahan berikutnya yang sudah sempat ditanami oleh warga ,diberi kelonggaran hingga panen. Baik itu panen tanaman Ubi maupun jagung. Setelah selesai panen maka ,kita dari pihak PTPN IV Unit Bah Jambi khususnya karyawan Afd 2 ,segera mengambil alih lahan HGU tersebut serta menanam kembali tanaman sawit,” ucap Johanes.

Patut diapresiasi bahwa Asisten Afd 2 Kebun Bah Jambi bergerak cepat dapat menguasai kembali lahan yang diserobot oleh warga dengan alasan yang tidak jelas itu. Tidak hanya itu sudah berhasil di tanami dan dilakukan pemeliharaan oleh karyawan .

Kalau pun mendapat perlawanan warga penggarap ,namun tidak mengurung niat asisten dan karyawan untuk bergerak cepat mempertahankan aset negara yang di kerjakan oleh BUMN yang berplat merah ini.Dan langkah – langkah beginilah yang seharusnya bisa menjadi acuan dan contoh dalam menanggani hal semacam ini.

Reporter ; DEDI SINAGA

scroll to top