Nasir Ahmad (Ast III) , Peran Keprotokolan Dalam Suatu Acara Sangat Vital, Baik Acara Bersifat Kenegaraan Maupun Daerah.

IMG-20210410-WA0088.jpg

Bukittinggi – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan Rapat Koordinasi Keprotokolan tahun 2021 di Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi, Kamis (8/4/2021).

Kegiatan Rakor dibuka Asisten III bidang Administrasi Umum, Nasir Ahmad, yang berlangsung selama dua hari (8-9 April) dihadiri Kabag dan Kasubag yang ada di pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi dan instansi vertikal se Sumbar.

Asisten III Nasir Ahmad dalam sambutannya mengatakan, rapat koordinasi keprotokolan di lingkungan Pemerintah Sumbar dinilai sangat penting lantaran sebagai etalase dan mendukung suatu substansi penting Pemerintah Daerah. 

“Kita menyadari bahwa peran keprotokolan dalam suatu acara sangat vital, baik itu acara yang bersifat kenegaraan maupun daerah. Tanpa adanya protokol maka niscaya suatu acara tidak akan berjalan dengan baik dan khidmat. Karena dengan adanya pengaturan itu lah, acara yang dilaksanakan akan berjalan sukses,” kata 

Pihaknya menambahkan keprotokolan ini dianggap sebagai penentu dan ujung tombak yang strategis dalam Pemerintahan, karena pengaturan tata penghormatan dan juga penentu dalam sebuah organisasi. 

“Apabila kita salah dalam menempatkan seseorang sesuai kedudukannya maka itu akan mengganggu suatu acara,” ucapnya.

Lanjut Nasir menjelaskan, banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya seorang protokol itu adalah orang yang mempersiapkan acara sebelum acara dimulai, melaksanakannya, mengatur tata penghormatan bagi para pejabat yang hadir, mempersiapkan personil-personil yang terlibat dalam acara, sampai dengan mengemas susunan acara sedemikian rupa.

“Makanya saya minta, seorang protokoler dituntut memiliki etika, sopan santun, attitude yang baik, dan mempunyai naluri (instinct) yang tinggi dalam melaksanakan tugas,” tegasnya.

Disamping itu juga yang tidak kalah pentingnya, pelajarilah kemajuan Teknologi Informasi (IT). karena tanpa IT maka kita akan jauh ketinggalan. Saat ini hampir seluruh kehidupan di dunia diatur oleh teknologi informasi. 

Nasir Ahmad melanjutkan bahwa nantinya ada narasumber dari pihak berkompeten dibidang keprotokolan dari kementrian dalam negeri, karena menjadi keharusan juga petugas protokol harus mengetahui bagaimana cara tugas dengan baik 

” Saya minta kepada peserta rapat koordinasi supaya mengikuti acara ini dengan serius, karena seorang protokol sudah dianggap seorang yang handal, dipercaya oleh pimpinan, selamat mengikuti kegiatan, semoga kita semua sukses dalam pekerjaan” fajar.

scroll to top