Diduga Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN Desa Sumber Mekar Mukti Berbau Korupsi.

IMG-20210410-WA0003.jpg
banyuasin–(Benuanews.com)

Di Duga Laporan Pertanggung Jawaban APBDes Desa Sumber Mekar Mukti Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan, Mengenai bantuan Dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN yang di anggar’kan melalui Dana Desa senilai 35,000,000, dan bangunan fisik lain nya senilai 418.000.000 juta fiktif berbau koropsi karna belum tersalurkan ,”Saptu(10/4/2021).

“Karna tidak ada bukti pembangunan, bantuan Dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN senilai 35,000,000, namun Laporan APBDes 2020 sudah di belanjakan, yang dana nya bersumber dari Dana Desa tahun 2020.

“Karnita kepala desa Sumber Mekar Mukti sa’at di konfirmasi awak media melalui pesan watsapp milik peribadi’nya, pak kades di desa pak kades apa’kah ada yang mendapatkan bantuan bedah rumah yang Sumber anggaran nya melalui Dana Desa besar nya 35,000,000.

Karinta menjawab tidak ada yang mendapat kan dan juga bukan 35,000,000 besar nya melain kan 17,500,000.

Awak media pun langsung mempertanyakan kenapa di dalam laporan belanja APBDes pak kades senilai 35,000,000. Walaupun itu di potong pajak tidak sejauh itu pak kades kok bisa jdi 17,500,000, dan kenapa tidak pak kades belanjakan itukan anggaran nya untuk 2020.

“Kades berkata itu akan di jadikan silpa untuk tahun 2021,

Media pun mencobah mempertanyakan lagi Mohon penjelasan nya pak kades, kalo untuk silpa itukan sisa dana anggaran, sedangkan dana tersebut belum di anggarkan atau lebih tepat nya dana tersebut belum tersalurkan, sedangkan laporan pak kades di belanja APBDes 2020 sudah di belanjakan mohon kejelasan nya pak kades.

Di selah itu Karnita berkata kepada awak media, kita ketemu aja nanty ku jelaskan.

Sa’at awak media mencobah menelfon karnita pada Rabu (7/4/2021) pukul 20:33 WIB.

Dia berkata saya sedang di jalan dalam keada’an menyupir mobil besok saja saya jelaskan,”kata nya.

Sa’at media mencobah menghubungi nya kembali pada, kamis (8/4/2021) melalui pesan Facebook chat melalui Watsapp telfon tidak ada kabar semua dalam keada’an tidak aktif.

Awak media mencobah mendatangi rumah nya ternyata kades dan rumah tertutup tidak ada orang dan kemudian mendatangi kantor desa, ternyata di kantor tidak ada.

Jumat (9/4/2021) media Benuanews mencobah mendatangi lagi rumah kades karnita namun yang ada istri nya sedang menjahit dia berkata pak kades lagi tidak ada di rumah ke Palembang,

Dan mencobah kembali menghubungi watsapp peribadi nya kades berkata, Agek kita ketmuan bae biar enak obrolnya
Agk lah tunggu aku balik aj ya klu nak bekawan,

Media pun membalas pesan tersebut Kalo memang kata pak kades di jadikan silpa kemarin aku minta bukti nya pak kades, surat pengembalian silpa nya, sama surat rapat tentang pengembalian silpa nya.

Setelah itu kades tidak ada membalas kembali pesan melalui watsapp media.

Wartawan media Benuanews mencobah mendatangi rumah sekdes desa sumber mekar mukti untuk mengonfirmasi masalah ini, lalu di sambut Alam Selaku Sekdes Desa tersebut.

Alam menjelaskan jangan’kan yang bantuan Dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN yang di anggar’kan melalui Dana Desa senilai 35,000,000, untuk fisik yang lain nya pun yang di anggarkan senilai 418.000.000 juta belum ada belum terlealisasikan untuk tahun 2020 saya saran kan coba temui TPK nya ada tidak bendahara memberi finansial tersebut kepada TPK, “jelas nya.

Setelah itu awak media pun mencobah mendatangi rumah Ketua TPK Desa Sumber Mekar Mukti untuk menggali informasi yang lebih dalam namun sangat di sayangkan karna Rumah Dadang ketua TPK terkunci rapat tidak ada orang.

(Rendi)

scroll to top