Monitoring Evaluasi Leadership Projects Kampung Galo Galo.Id Kawasan Batu Busuk.

IMG-20220731-WA0016-1.jpg


Oleh Rahmad Hidayat

Kampung Galo Galo.Id merupakan gerakan yang di inisiatif oleh Rahmat Hidayat N salah satu penerima manfaat Beasiswa Aktivitis Nusantara (baktinusa) dibawah naungan LPI DD region Padang yang berfokus pada permasalahan ekonomi masyarakat.
Kampung Galo Galo hadir dengan gerakan pemberdayaan dan pembudidayaan lebah Galo-Galo/trigona, saat ini Kampung Galo Galo.Id sendiri sudah memiliki 7 koloni lebah galo-galo yang dibudidayakan dikawasan Batu Busuk. Ini merupakan langkah awal bagi Kampung Galo Galo.Id mencapai visi ONE FAMILY ONE KOLONI dengan melalui langkah 4P: PEMBERDAYAAN (persiapan dan pengembangan SDM di desa), PEMBUDIDAYAAN (beternak dan merawat koloni lebah galo-galo dengan baik), PENGOLAHAN (pemanfaatan hasil produksi), PEMASARAN (strategi penjualan produk kepada konsumen).

31 Juli 2022 telah terlaksana kegiatan monitoring dan evaluasi hari kedua dengan kegiatan Visit Leadership Projects Penerima Manfaat oleh team pusat Beasiswa Aktivis Nusantara (Baktinusa) yang dihadiri langsung oleh General Pendidikan, Budaya dan Lingkungan Dompet Dhuafa Ustadz Herman Budianto, Manajer Program Baktinusa mas Bayu Candrawinata, team monev bagian operasional Dompet Dhuafa mas Aang Huyana, manajer wilayah regional Padang bpk Dr. Aadrean, M.Si.

Kegiatan visit leadpro mencakup pembahasan prospek Kampung Galo Galo. Id kedepan,
Mas Bayu selaku manajer program baktinusa mengatakan ” kampung galo galo.id memiliki profit yg jelas kedepannya, maka dari itu harus segera bangun dan manfaatkan jejaring yang saat ini dimiliki oleh kawan-kawan penerima manfaat baktinusa, semisalnya seperti Dompet Dhuafa cabang yang ada di Sumatera Barat Dompet Dhuafa Singgalang”
Masukan dari mas Aang selaku team monev bagian operasional mengatakan “kampung galo galo harus mampu mencoba bangun kedekatan dengan pemerintah setempat, apalagi kampung galo galo ini. Saya yakin uda Wagub Audy punya ketertarikan sendiri terkait gerakan program ini, apalagi sang inisiator nya anak muda”

Tanggapan dari bpk Dr. Aadrean, M.Si selaku manajer wilayah regional Padang mengatakan selalu siap untuk mensupport dan membantu memfasilitasi kampung galo galo.id untuk berkiprah lebih luas kedepannya.

Selain dari team pusat dan juga manajer wilayah, yang ikut serta dalam suksesnya kegiatan visit leadpro kali ini tak terlepas dari support dan keikutsertaan adik2 asuh dari Baktinusa itu sendiri yakninya YouLead Padang, ikut serta juga di hadiri oleh founder sekolah singgah nagari, dan founder andalascare.id

Saat ini Kampung Galo Galo.Id sudah memiliki mitra seperti LPPM Universitas Andalas, dan akan mencoba membangun jejaring mitra kerja sama bersama kelompok masyarakat salah satunya adalah Hutan Kemasyarakatan (HKM) dan juga BEM KM Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

scroll to top