Meswadi Hendra Appresiasi kegiatan 1000 obor peringati 1 Muharam di Koto Kaciak

IMG-20220731-WA0018.jpg

Agam, Benuanews.com,- Peringatan 1 Muharam adalah hal yang sakral dan selalu diperingati oleh kaum muslimin dan muslimah yang ada di Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai daerah yang melakukan peringatan 1 Muharam, Salah satunya yang dilakukan oleh para pelajar, pemuda pemudi dan masyarakat di Kanagarian Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Sumatera Barat (30-07-22).

Ketua Himpunan Angkatan Muda Bukit Tinggi – Agam ( Ketum HAMBA ), Meswadi Hendra mengatakan, Dalam merayakan 1 Muharam tahun ini, Para Pelajar mulai dari Tingkat SD, SLTP dan SMA, Pemuda – Pemudi se kenagarian Koto Kaciak bersama masyarakat setempat menyalakan 1000 obor sebagai Pawai Obor untuk memperingati pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H.

” Saya sangat mengappresiasi kegiatan ini yang sudah diselenggarakan oleh seluruh elemen masyarakat, pemuda – pemudi, pelajar dan didukung penuh oleh niniak mamak yang ada sehingga bisa se meriah ini. Selaku orang sumando dari koto kaciak, saya sangat mensupport kegiatan seperti ini, apalagi ini untuk memperingati Tahun Baru Islam 1444 H “, paparnya.

Hendra, sapaan akrabnya menambahkan bahwa kegiatan ini juga didukung penuh oleh Walinagari Koto Kaciak, Sawaldi, S.Pd Dt. Tumbasa Hitam beserta jorong jorong dan perangkat lainnya yang ada di kanagarian Koto Kaciak. Wali nagari koto kaciak, Sawaldi mengatakan dalam sambutannya ” Insyaa Allah tahun depan kita dapat melaksanakan pawai obor keliling kampung yang lebih meriah lagi “, sebut hendra yang juga ahli dalam berbahasa jepang.

Lanjut hendra, Sorak sorai diiringi tambua tasa dari pemuda membuat acara lebih meriah dan mengundang seluruh warga yang ada di kenagarian koto kaciak berhamburan keluar rumah untuk melihat pawai obor yang dilaksanakan.

” Insyaa Allah, Perayaan 1 Muharam 1445 H akan kita support dan meriahkan kembali, kita buat lebih meriah lagi dari saat ini. Sebagai seorang muslim, Kita wajib memperingati Tahun Baru ISLAM dan sekaligus memperkenalkan ke anak anak kita bahwa beginilah tradisi kita di kampung setiap pergantian tahun baru Islam “, tutup hendra saat dihubungi awak media (RA)

scroll to top