Mahasiswa KKN Unand 2021 Mengabdi di Nagari Sungai Nanam Diera Pandemi Covid 19

IMG-20210819-WA0048.jpg

Solok, Benuanews,-Sudah 40 hari mahasiswa Universitas Andalas ber KKN di kenagarian Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Tentunya banyak kesan pesan yang tertinggal maupun yang terbawa selama berKKN di nagari Sungai Nanam.

Lembah Gumanti terkenal dengan sebutan negri dingin tanpa Salju. Sehingga mahasiswa KKN yang berasal dari beberapa daerah yang berbeda harus beradaptasi dengan dinginnya nagari sungai nanam. “Disini dinginnya sangat menantang, sehingga juga menantang semangat saya dalam beraktivitas dipagi hari” ujar Zakiah, mahasiswi KKN yang berasal dari kota empek-empek Palembang.

Kami ber KKN mulai tanggal 12 Juli 2021, dan di buka dengan pertemuan dengan Wali Nagari, Sekretaris Wali Nagari, serta Kepala Jorong masing-masing jorong yang dihadiri sebanyak 15 orang kepala jorong.

Pembukaan di buka secara formal oleh Wali Nagari Sungai Nanam. KKN Unand Sungai Nanam di Ketuai oleh Rahmat Sumantri mahasiswa jurusan Sastra Inggris, Wakil Ketua Furqan Hidayat dari jurusan Ilmu Hukum, Sekretaris Siti Hartinah dari Jurusan Teknik pertanian dan Biosistem, dan Bendahara Ainil Fitri dari Jurusan Sastra Minangkabau, dan 16 orang lainnya dengan jurusan yang berbeda. KKN Unand Nagari Sungai Nanam di bimbing oleh ibu Dr. Yulmira Yanti, S.Si MI dosen prodi proteksi tanaman unand.

KKN Unand di Nagari Sungai Nanam di bagi menjadi 5 kelompok yaitu di 5 jorong pilihan yang ada di Nagari Sungai Nanam, diantaranya Jorong Lekok Batu Gadang, Jorong Rimbo Data, Jorong Parak Tabu, Jorong Sapan, dan Jorong Pakan Sabtu. Setiap Jorong memiliki keunikan masing-masing.

Dimasa pandemi saat ini, apalagi pemerintah sedang hangat-hangatnya menggalakkan PPKM, tentunya kami sebagai mahasiswa harus berupaya agar masyarakat dapat mematuhi peraturan yang ada. Di nagari Sungai Nanam tingkat perkembangan covid-19 masih terbilang aman karena untuk kabupaten Solok masih lampu hijau untuk siaga covid-19. Di setiap kegiatan kemasyarakatan, kami sebagai mahasiswa KKN selalu memberikan contoh kepada masyarakat seperti menggunakan masker.

Alhamdulillah 40 hari lebih kami ber KKN di Nagari Sungai Nanam, sudah terlaksana program-program yang InsyaAllah bermanfaat seperti pembagian masker, penyemprotan hand sanitizer, pengadaan sosialisasi covid, sosialisasi tentang pertanian organik, sosialisasi kenakalan remaja, sosialisasi internet sehat, sosialisasi tentang peternakan, sosialisasi tentang kesehatan, penyuluhan tentang pembuatan sabun cuci piring dengan ibuk-ibuk PKK, mengajar di MDA, berkontribusi dalam setiap agenda kemasyarakatan, dan masih banyak lagi program-program yang dijalankan di kenagarian Sungai Nanam.

Alhamdulillah…
Kami mahasiswa KKN Sungai Nanam sangat bersyukur dapat merasakan ber KKN di Nagari Sungai Nanam, selain ilmu, pengalaman terbaik juga kami dapatkan, semoga ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan bisa kami terapkan di kampung kami masing-masing.

scroll to top