Lomba Dayung Tradisional Resmi di Buka Bupati Siak, 44 Tim Siap Arungi Sungai Siak

IMG-20240817-WA0188-scaled.jpg

Siak, Benua news com : Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, Kecamatan Siak kembali menggelar lomba dayung tradisional.

Lomba dayung tahun ini, tampak lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, karena jumlah tim yang ikut lebih ramai dari tahun lalu, berjumlah 44 tim dayung.

Kecamatan Siak sendiri mengirimkan 24 tim, Kecamatan Mempura 13 tim, Kecamatan Koto Gasib 4 tim, dan Kecamatan Sungai Apit 3 tim.

Antusias ini menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga tradisional yang kian berkembang dan mendapat tempat di hati masyarakat.

Bupati Siak, Alfedri, menekankan kepada peserta lomba pentingnya meniru semangat juang yang diwariskan oleh para pahlawan bangsa dalam mengisi kemerdekaan.

“Hari ini, kita lepas lomba dayung tradisional, dengan harapan semangat juang para peserta sama dengan para pahlawan yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” ujar Bupati Alfedri di Tepian Bandar Sungai Jantan, Sabtu (17/8/2024).

Ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pak Camat, seluruh panitia, dan semua pihak yang telah merancang dan melaksanakan Lomba Dayung Tradisional tahun ini di Sungai Siak,” sebutnya.

Alfedri berharap, kegiatan ini berjalan sukses dan lancar, serta melahirkan atlet dayung yang berprestasi.

“Atlet-atlet yang ikut lomba hari ini, dan menjadi juara bisa mengikuti event yang lebih besar seperti Serindit Siak International Boat Race yang akan kita digelar dalam waktu dekat,” kata dia.

Lomba dayung tradisional ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan HUT RI ke-79 di Kabupaten Siak, dan diharapkan dapat terus melestarikan warisan budaya sekaligus meningkatkan persatuan dan semangat sportivitas di kalangan masyarakat.

(Agus zega/infotorial)

scroll to top