Liza Giawa,DPP-Asosiasi Pewarta Pers Indonesia,A-PPI-RIAU Wartawan harus Jaga kode Etik.

IMG-20221107-WA0036-1.jpg

Siak, Benua news.com : Dewan Pertimbangan.Asosiasi Pewarta Pers Indonesia (A-PPI) Liza .Giawa, Menjelaskan kepada anggotaNya,Banyak sekali jenis profesi yang ada di Indonesia dan salah satunya adalah wartawan. Profesi yang satu ini memiliki peran besar dalam penyebaran informasi atau berita di tanah air. Kali ini akan dibahas mengenai fungsi dan tugas wartawan yang penting untuk dipahami jika Kamu ingin menekuni profesi tersebut.

“Tetapi harapan kita bersama agar kita lebih mendekatkan diri kepada pemerintah baik daerah maupun kota Pekanbaru Riau karena kita bagian pengembangan informasi harapan saya agar angggota Asosiasi Pewarta Pers Indonesia (A-PPI)- Riau Berpedoman Pancasila dan UUD 1945,kita berharap kepada anggota kita yang ada di RIAU saat merilis berita agar sesuai Kode etik jurnalistik adalah etika profesi wartawan. Ciri utama wartawan profesional yaitu menaati kode etik, sebagaimana halnya dokter, pengacara, dan kaum profesional lain yang memiliki dan menaati kode etik. Berikut ini ringkasan kode etik jurnalistik: Independen, akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk,Wartawan juga berfungsi  harus terus mengawasi kondisi yang terjadi saat ini di berbagai bidang. Jika hasil dari pengawasan tersebut kemudian didapat adanya tindak kejahatan maka wartawan juga harus membongkarnya, Tegas Liza Giawa

Fungsi lain seorang wartawan adalah harus dapat menjelaskan sebuah informasi sehingga bisa masuk akal dan diterima oleh Instansi dan masyarakat luas.

Kita merupakan seorang wartawan harus bisa bersikap cerdas dalam berbagi sumber berita yang dapat diandalkan oleh masyarakat sekitar. Wartawan juga harus dapat membagikan berbagai laporan yang bersifat mencerahkan, di tengah tengah Masyarakat luas.

Wartawan pun memegang fungsi Kontrol . Seorang wartawan harus bisa melakukan pemberdayaan antara warga dan wartawan sehingga bisa dihasilkan dialog yang berlanjut antara keduanya.

Fungsi dan tugas wartawan memang sangat beragam. Beberapa poin di atas tadi merupakan fungsi dari wartawan dan kini kita akan membahas tugas mereka. Tugas pertama adalah melakukan organisasi berita. Seorang wartawan harus melakukan organisasi berita baik berita lama maupun berita baru.

wartawan juga bertugas menjadi role model bagi masyarakat. Tidak hanya fokus berkarya dalam menghasilkan berita, wartawan juga harus bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat luas.

Jika Kamu menekuni Profesi wartawan, maka Kamu harus menjalankan tugas penting sebagai pencari berita. Kamu harus menemukan berita terbaru yang hangat di kalangan masyarakat umum. Berita ini harus selalu up to date agar bisa memberi manfaat.

Tugas wartawan adalah mengumpulkan fakta dari berita yang beredar di masyarakat. Fakta ini nantinya akan disajikan kepada masyarakat luas sehingga tidak ada berita simpang siur yang bersifat menjerumuskan/HOAX

Wartawan juga bertugas membuat laporan dari hasil penelusuran berita dan fakta yang sudah diperoleh dari Masyarakat laporan ini nantinya akan disampaikan baik secara tertulis lewat media Online maupun lisan lewat media cetak seperti televisi dan lainnya.

Itulah tadi fungsi dan tugas wartawan yang perlu Kamu pahami dengan baik. Jika Kamu tertarik untuk menekuni profesi ini maka Kamu harus belajar ilmu jurnalistik dengan baik. Kembangkan kemampuan menulis/wartawan dan tingkatkan rasa percaya dirimu agar bisa menjadi wartawan yang kompeten” Jelasnya

(tim)

scroll to top