LITERASI DIGITAL
KABUPATEN OGAN ILIR – PROVINSI SUMATERA SELATAN

IMG_20211106_174536-2.jpg


Senin, 01 November 2021, Jam 13.00 WIB

Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, S.H menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Kunci pembuka dunia adalah literasi, oleh karena itu saat ini literasi harus berbasis teknologi digital. Ketika masyarakat melek digital, maka akan banyak manfaat yang dirasakan masyarakat, diantaranya dapat terhindar dari konten hoaks atau berita-berita yang belum jelas kebenarannya, kemudian meningkatnya produktivitas serta daya saing masyarakat dalam perekonomian. Seperti yang kita ketahui ke depan, semua aspek kehidupan akan menggunakan digital. Kegiatan ini mau tidak mau harus kita implementasikan, karena kedepan semua aspek kehidupan akan memanfaatkan digital. Dengan digital seluruh urusan akan menjadi lebih efektif, efisien, dan cepat, menurut Syahrial Gunawan, S.Pd., M.Si Guru SMAN 1 Tanjung Raja.

Dr. Pitoyo, SS, M.IKom Ketua Umum Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi UNPAD memaparkan daftar ke layanan VPN. Pertama, pilih layanan VPN dan instal aplikasi di perangkat kita, luncurkan dan masukkan nama pengguna dan kata sandi kita (yang kita pilih sebagai bagian dari mendaftar ke layanan). Beberapa penyedia mengizinkan kita masuk dengan kode aktivasi, tetapi aplikasi akan memberi tahu kita apa yang harus kita masukkan. Saat mendaftar, kita memiliki pilihan berapa lama untuk berlangganan. Dalam kebanyakan kasus, semakin lama kita pergi, semakin murah biaya bulanannya. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Dio Hapsari sebagai TV Host dan Singer yang memberikan sharing session, media sosial sepertinya telah menjadi aktivitas keseharian dari sebagian besar masyarakat dunia termasuk masyarakat Indonesia. Saat ini Media social dapat dijadikan sebagai tempat untuk saling mendapatkan dan menyebarkan informasi, berkomunikasi dan saling berinteraksi di antara masyarakat dalam dunia maya.

scroll to top