LITERASI DIGITAL KOTA PAGAR ALAM – PROVINSI SUMATERA SELATAN (14)

literasi-5-5.jpeg

 Senin, 25 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB

Pagar Alam – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Sumatera Selatan yaitu, H. Herman Deru, S.H dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentangPENTINGNYA INTERNET UNTUK PENGENALAN BUDAYAoleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pengenalan budaya dapat lebih menarik simpati generasi muda jika dikemas dengan berbagai macam konten yang menarik. Seorang konten kreator biasanya memiliki kekuatan untuk meng-influence dan menciptakan tren. Peran media sosial dalam mengenalkan budaya, meliputi konten kreator, pekerja seni digital, pemandu wisata virtual, pertunjukan sejarah budaya Indonesia secara virtual, serta konseptor pernikahan. Budaya adalah suatu kenyataan yang merupakan sunnatullah. Keanekaragaman identitas budaya, terutama isu SARA, mengandung potensi kerawanan konflik yang sangat sensitif. Masyarakat majemuk menunjukkan keanekaragaman suku bangsa dan kebudayaan suku bangsa. Pluralisme kebudayaan menekankan kesederajatan kebudayaan yang ada dalam sebuah masyarakat.Budaya merupakan suatu pola hidup menyeluruh, buday bersifat kompleks, abstrak dan luas, banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif.

literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.Kemampuan literasi digital adalah hal yang paling mendasar dan paling krusial dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini, menurut Alfian Jaya S,Pd sebagai Kepala SMP Negeri 2 Pagar Alam. Menurut Robby Afriansyah sebagai Direktur CV Bee Construction mengatakan keunggulan digital marketing antara lain, target bisa diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan. Hasil cepat terlihat dan Biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional. Pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai. Key Opinion Leader oleh Rio Hijau Daun sebagai Professional Drummer menambahkan, dengan adanya internet memudahkan kita dalam menerima info-info dari luar kota atau negeri. Tetapi, kita juga harus memikirkan bahwa segala info yang kita dapatkan tidak benar-benar valid. Kita perlu memilah milih informasi yang sekiranya benar dan sesuai dengan fakta.

 

 

 

scroll to top