LITERASI DIGITAL KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR – PROVINSI SUMATERA SELATAN (10)

literasi-5-5.jpeg

Selasa, 19 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB

Ogan Komering Ulu Timur – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Ogan Komering Ulu Timur H. Lanosin, ST. menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MENJAGA DAN MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Dr. Si; Nabilah. S.Sos.I, M.Pd Dosen Universitas Negeri Jakarta memaparkan tentang penggunaan media soal pada anak kebanyakan tidak terlalu memahami atau bahkan tidak peduli akan bahaya yang dapat mengancam mereka. Selain itu, anak-anak dapat dengan mudahnya saling berbagi informasi termasuk data yang sifatnya pribadi, bahkan dengan orang yang baru dikenalnya. Untuk mengenalkan budaya dengan menggunakan media bisa menjadi salah satu cara yang disukai anak. Seperti mengenalkan permainan tradisional dengan media gambar dan video. Selain itu, bisa berikan boneka dengan baju adat Indonesia yang memiliki warna kulit serta bentuk rambut yang beragam. Mempertontonkan video (film dokumenter) untuk mengetahui kebiasaan unik dari setiap budaya, tarian dan musik tradisional, serta bahasa daerah, menurut Listiani, S.Pd.I., S.Pd sebagai Kepala SD IT MUTIARA HATI Gumawang OKU Timur.

Mencegah dan mengatasi ancaman keselamatan anak melalui media digital yaitu kemampuan mengakses media digital perlu ditanamkan sejak awal, kemampuan mendistribusi berbagai informasi, berpartisipasi dalam dunia digital, dan kolaborasi melalui media digital. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Ridzky Surya sebagai Public Figure yang memberikan sharing session, mengenai menjaga dan mendidik anak di era digital dampingi anak dalam dunia digital, orang tua harus mengerti media sosial dan situs apa saja yang digunakan anak, dan orang tua harus tau aplikasi atau program yang edukasi apakah berdampak positif atau negatif untuk anak.

scroll to top