LITERASI DIGITAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR – PROVINSI SUMATERA SELATAN (22)

lierasi-4-2.jpg

Jumat, 22 Oktober 2021, Jam 14.00 WIB

Ogan Komiring Ilir – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Ogan Komering Ilir menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar PENTINGNYA INTERNET UNTUK PENGENALAN BUDAYA yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Dr. Mahfud Fauzi, M.PD Pimpinan Fullday Daarul Quran Indonesia memaparkan potensi bahaya jejak digital, aksi data pribadi kerentanan atas data-data pribadiyang sangat mudah diakses dan digunakan oleh pihak pemroses maupun pihak lain tanpa sepengetahuan pemilik data. Pencurian identitas, data pribadi yang dihimpun berpotensi digunakan untuk tindak kejahatan, pencurian rekening,hingga transaksi illegal menggunakan data identitas kita. Doxing dan framing, pencemaran nama baik dengan mengolah segala akktivitas digital yang pernah kita lakukan baik di website, blog, maupun medsos.

Rullyana P. Mamengko, M.M. Dosen Uny dan Asesor menjelaskan big data adalah kumpulan proses yang terdiri dari volume data dalam jumlah besar yang terstruktur maupun tidak terstruktur dan digunakan untuk membantu kegiatan bisnis.Karakterbig data adalah memiliki pertumbuhan data yang eksponensial dan penambahan informasi dengan kecepatan yang tinggi serta memiliki data yang sangat bervariasi.Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Dio Hapsari sebagai TV Host dan Influencer yang memberikan sharing session, mengenai pentingnya internet untuk pengenalan kebudayaan dalam transformasi digital,diharapkan masyarakat tidak hanya memahami transformasi digitalsecara teknis tetapi juga psikologis. Digital itu bersifat mengalir danmembuka batas, artinya antar individu harus bekerja atauberinterkasi secara kolaboratif tidak lagi terpisah-pisah.

 

scroll to top