LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAHAT – PROVINSI SUMATERA SELATAN

WhatsApp-Image-2021-11-04-at-10.10.07.jpeg

Rabu, 3 November 2021, Jam 13.00 WIB

SUMSEL (benuanews.com) Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yaitu, H. Herman Der, S.H., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang LINDUNGI DIRI DI DUNIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Yancin Yu, menjelaskan serangan siber meningkat seiring aktivitas saat pandemi. Modus penipuan online, meliputi phising, pharming, money mule, social engineering, dan sniffing. Tips terhindar dari penipuan digital, antara lain menjaga informasi pribadi, tidak memberikan kode OTP, hanya memakai situs resmi, tidak mentransfer ke rekening pribadi, serta tidak mudah tergiur dengan hadiah yang ditawarkan. Setio Budi H. Hutomo., menjelaskan bijak bermedia digital, dengan cara tidak asal unggah konten, tidak detail mencantumkan informasi pribadi, menjaga etika sopan santun kepada orang lain, filter akun yang diikuti, mengembangkan produktivitas, asah keterampilan menggunakan perangkat atau aplikasi yang positif dan bermanfaat, serta bisakan update panduan berinternet atau bermedia sosial.

Kusmawati, S.Pd., menjelaskan prinsip mengunggah konten di media sosial, meliputi tidak merugikan diri sendiri, tidak melanggar hukum, dan tidak merugikan sekolah. Rambu-rambu konten media sosial yang produktif, meliputi kreatif, bermanfaat, inspiratif, pesan damai, dan pesan syukur. Reno Arif Wibowo, S.STP., M.Si., menjelaskan kemampuan awal bela Negara, dengan cara memiliki kecerdasan emosional dan spiritual, senantiasa memilihara jiwa dan raga, senantiasa menjaga kesehatan dan gemar berolahraga, serta senantiasa bersyukur dan berdoa atas kenikmatan yang diberikan Tuhan yang Maha Esa. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Ana Livian sebagai Mom Influencer yang memberikan sharing session, mengenai masyarakat harus melindungi diri di dunia digital agar data pribadi tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat juga harus bijak bermedia digital agar tidak menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain. Jadikan media sosial tempat untuk berkarya dan memperluas jaringan untuk hal yang positif dan bermanfaat.

(Visited 21 times, 1 visits today)
scroll to top