LITERASI DIGITAL
: KABUPATEN BANYUASIN – PROVINSI SUMATERA SELATAN

IMG-20211030-WA0022.jpg

Senin, 01 November 2021, Jam 09.00 WIB

Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yaitu, H. Herman Deru, S.H dan Bupati Kabupaten Banyuasin yaitu, H. Askolani, S.H., M.H dan dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Rukanto, S. Pd., M. Pd sebagai Kepala SMA Negeri 1 Rantau Bayur menuturkan, melek digital sekarang ini suatu hal yang penting karena kita sekarang berada di abad digital. Penting bagi kita memiliki pengetahuan literasi digital agar kita aman dan memperoleh manfaat yang sebesar -besarnya ketika menggunakan internet.

Salah satu hal yang perlu kita cermati adalah jangan asal klik di internet. Hati-hati sebelum klik di internet karena, baca term of references sebelum mendaftar, baca ketentuan-ketentuan terlebih dahulu sebelum menyinkronkan aplikasi, baca, kenali dan cermati kombinasi link sebelum klik, dan kenali domain resminya (kombinasi huruf setelah titik terakhir).

Jika berkaitan dengan pemerintah, harus dengan (go.id), jika berkaitan dengan lembaga pendidikan, harus dengan (ac.id, sch.id, ponpes.id). Semua ini kita lakukan agar kita terhindar dari phishing, yaitu istilah penipuan yang menjebak korban dengan target menyasar kepada orang-orang yang percaya bahwa informasi yang diberikannya jatuh ke orang yang tepat.

Tips dan trik cara membuat konten yang menarik bagi generasi milenial diantaranya, percaya diri menjadi modal awal yang sangat penting ketika mulai timbul keinginan untuk membuat konten di media sosial. Setelah rasa percaya diri didapat, maka kita harus memahami potensi dari diri sendiri yang dapat dibagikan melalui dunia digital.

Mulai dari bakat yang timbulnya dari diri sendiri hingga kegemaran serta hobi. Hal yang tak kalah penting ialah mengetahui dan memahami pola penggunaan platform media sosial itu sendiri, hal ini sangat penting untuk menimbulkan kepekaan terhadap konten yang akan diproduksi. Pentingnya kepekaan terhadap konten yang sedang on trend dapat menghasilkan sebuah ide baru untuk membuat konten yang inovatif, menurut Rio Soemarga, S.I.Kom sebagai Creative Director. Key Opinion Leader oleh Nelly Carey sebagai Influencer menambahkan, menjadi cerdas di era digital berarti kita harus paham baik dan buruknya dari bermain digital. Gunakanlah internet secara positif dan juga sebarkanlah konten-konten yang bermanfaat bagi yang melihatnya.

scroll to top