Lima Menteri Termasuk Kemenkraf RI Hadir Untuk Memeriahkan Kegiatan DMT Di Pos 1 Tambora

IMG-20220602-WA0078.jpg

Dompu, NTB benuanews.com Kegiatan Dunia Menyapa Tambora (DMT) yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Juni 2022 pekan ini, yang dilaksanakan dalam rangka meriahkan Hari Jadi Dompu yang ke 207 tahun, ternyata berubah tempat kegiatannya. Sebelumnya, kegiatan yang dinamakan sebagai Festival Pesona Tambora (FPT) ini, kerap digelar dikawasan pelepasan ternak Doroncanga tepatnya dipinggir jalan yang menuju ke arah Pos 1 Tambora, namun penyelenggaraan tahun ini justeru berbeda lokasi.

Kegiatan Dunia Menyapa Tambora ini merupakan kegiatan rutin tahunan yakni Festival Pesona Tambora, hanya saja namanya dirubah. Perubahan nama ini juga justeru lebih ngetop dan populer di mata dunia karena sebelumnya Tambora sudah menyapa Dunia dan sekarang Dunia yang akan menyapa Tambora dengan tujuan, untuk menarik wisatawan mancanegara maupun lokal agar bisa hadir di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini dan mengunjungi keindahan Puncak Gunung Tambora yang sudah menjadi Taman Geopark ini.

Dalam sejarah, Gunung Tambora meletus sekitar tahun 1815 silam, dimana letusan Gunung Tambora ini ternyata menghebohkan masyarakat dunia karena abu berterbangan hingga ke Negara Eropa. Siapa yang tidak mengenal Gunung Tambora, gunung yang penuh keindahan alamnya dan menyimpan banyak mistik ini, sangat di idolakan oleh wisatawan mancanegara maupun lokal.

Pada kegiatan Dunia Menyapa Tambora tahun 2022 ini, bakal heboh karena langsung dihadiri oleh 5 Menteri termasuk Kemenkraf RI. Termasuk ada berbagai kegiatan atau event yang akan digelar nantinya dilokasi kegiatan.

Lantas apa alasannya sehingga lokasi kegiatan Festival ini bisa dialihkan ke Pos 1 Tambora ?

Berdasarkan hasil konfirmasi media ini dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, Ir. Abdul Muis, M.Si via telepon WhatsApp pribadinya bahwa penunjukan lokasi baru untuk kegiatan Dunia Menyapa Tambora ini, berdasarkan hasil keputusan rapat bersama antara Kemenkraf, pihak Geopark, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi NTB, Balai Taman Nasional serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu sendiri.

Alasan penunjukan lokasi baru tepatnya di Pos 1 Tambora ini karena selain lokasinya tidak berdebu, juga suasananya terasa sangat nyaman, sejuk dan asri. Dengan lokasi baru ini, sudah tentu akan disukai oleh para pengunjung nantinya, yang jelas pengunjung sudah tentu akan ketagihan melihat keindahan alam dikaki Gunung Tambora ini nantinya, kemudian ditambah lagi dengan kesejukan dan kenyaman menikmati hembusan angin Tambora.

“Memang sebelumnya, kita Menggelar kegiatan Festival Pesona Tambora itu di Doroncanga, juga di Sarae Nduha tapi sekarang kita harus tampil beda yakni di Pos 1 Tambora atau jaraknya sekitar 4,6 kilo meter dari lokasi lama karena suasana dilokasi baru ini sangat nyaman dan sejuk,”jelas mantan Kadis PU Kabupaten Dompu ini.(imran Reporter)

scroll to top