Lembaga Bantuan Hukum Sumba (LBHS) Laksanakan Rakernas

IMG-20210210-WA0047.jpg

Sumba Barat Daya (benuanews.com) — Kegiatan rakernas lembaga bantuan hukum Sumba dilaksanakan di Gedung GKSI Maranatha Sumba Barat Daya, dihadiri oleh pembina LBHS, DPP-DPC, para kabid dan anggota, beberapa waktu lalu.

Diwawancarai media, pembina LBHS SBD menjelaskan bahwa Pelaksanaan Rakernas adalah salah satu kegiatan yang mesti harus di lakukan dan dilaksanakan oleh setiap organisasi sesungguhnya. Namun LBHS sejak masa pelantikan dan sekarang baru ada tahapan Rakernas pertama.

Tentunya harapan kami setiap anggota seluruhnya sudah mengikuti dan mereka bisa di bekali ilmu,sehingga mereka menjadi anggota yang handal kedepan untuk organisasi ini.

Tentunya upaya-upaya organisasi terutama kelembagaan ini kedepannya akan ada pembekalan-pembekalan, dan keberadaan mereka betul-betul tulus dan ikhlas membantu masyarakat dengan tidak mengharapkan apa-apa dan murni pelayanan sosial untuk lembaga ini dan untuk kepetingan masyarakat, jelasnya

Lanjut Direktur LBHS Adv.Keba Pala Ndima SH, M.Pd mengatakan pula pada media sejak lembaga bantuan hukum Sumba berdiri dan telah di kukuhkan, memang banyak kita sudah lakukan yang pertama kasus-kasus kriminal dan paling banyak kasus perdata. Banyak masalah yang kami sudah selesaikan lewat mediasi jangan sampai tidak naik ketahap tingkat keadilan.

Kemudian ada beberapa keberhasilan yang dilakukan oleh anggota LBHS menyusut beberapa kasus dan terbukti Kepala desa Totok, itu kerjasama yang baik dengan pihak kepolisian sehingga terungkap sesungguhnya.

Berikutnya beberapa upaya telah kami lakukan lewat lembaga ini dan kami berharap beberapa pihak melakukan kerjasama yang baik karena Lembaga ini tumbuh dari hati yang ikhlas orang Sumba. Semenjak di buka rakernas yang perdana pada tanggal 8 pebuari 2021 yang merupakan strategi internal dari lembaga ini, sehingga kami merancang program-program kedepan.

Dalam bentuk program jangka panjang maupun jangka pendek, bagaimana kita melakukan penyuluhan hukum terhadap tim-tim khususnya anggota LBHS,”ucap Adv. Keba Pala Ndima,SH, M.Pd.

Beberapa hal penting yang kami lakukan dan sudah berhasil, tujuan untuk memberikan keterampilan pemahaman terhadap tim kita, itu yang kami harapkan.

Harapan saya,agar kita betul-betul laksanakan tugas secara profesional dan harus tegakkan kebenaran dan keadilan,sehingga anggota LBHS yang telah mengabdi dan telah dikukuhkan sebagai pembela rakyat dalam hal ini pembela masyarakat miskin agar benar-benar mereka menjalankan tugas secara hati nurani yang tulus,”kata Paladima

Sementara dewan pengawas LBHS SBD, yang merupakan mantan Wartawan ini menyampaikan tentang rakernas yang sudah berjalan selama tiga hari sudah berjalan dengan sukses. Rakernas salah satu momen kita dapat mengeluarkan pikiran-pikiran cerdas kita terkait dengan persoalan pendampingan dan penanganan beberapa kasus kelalaian yang terjadi baik di tingkat desa kecamatan maupun kabupaten.

Saya melihat, dan saya sebagai dewan pengawas selama ini yang walaupun secara subtansial saya belum tahu tentang eksis teman-teman, tetapi lewat media sungguh luar biasa eksis LBHS SBD ini, contohnya kasus desa Totok,”jelasnya

Lanjutnya lagi, dengan gesekan kasus desa totok akhirnya 197 desa sekarang lagi terus ada perkaranya, ini luar biasa dan saya wajib memberikan apresiasi bagi teman-teman Anggota LBHS, terus memberikan edukasi terhadap masyarakat apa LBHS itu??.

Saya harapkan kepada anggota LBHS mari kita bergandeng tangan menyatukan konsep berteriak soal kebenaran. Bangun relasi kesemua aspek dan harus di perjuangkan membangun kemitraan dengan media, karena apapun alasanya media memiliki kecepatan paling tinggi, tanpa media tidak kuat.

Terakhir harapan saya kepada teman-teman media bermain dengan cerdas, jangan biar persoalan yang ada, saya yakin kasus banyak, tetapi saya percaya kepada rekan-rekan media untuk mempublikasikan masalah yang terjadi seperti di desa-desa yang ada di SBD, karena didesa tempat paling banyak orang berdosa disana.

Bagi teman-teman media bersatulah dan mari membangun NKRI yang terbaik, apapun alasan kecerdasan dan kesejahteraan ada di media. Saya ucapkan Selamat Hari Pers Nasional semoga pers di tahun yang akan datang jaya terus,”pungkasnya. (Solaiman)

scroll to top