Launching Bank Sampah Sejahtera Bersama Ranah Cubadak Indarung. Gandeng Pegadaian Sebagai Mitra

IMG-20220316-WA0010.jpg

Padang, Benuanews.com,- Anggota DPRD Kota Padang Edmon bersama Senior Vice President Pegadaian Wilayah Sumbar dan Kerinci Januardi menghadiri acara Launching Bank Sampah Sejahtera Bersama Ranah Cubadak Indarung Kec Lubuk Kilangan Kota Padang.

Menurut Edmon, kehadiran Bank Sampah Sejahtera Bersama ini tentu menjadi harapan bagi masyarakat sekitar sebagai penguatan ekonomi. “Selama ini kita tahu bahwasanya sampah-sampah rumah tangga itu banyak yang dibuang ditempat pembuangan akhir” ujar Edmon. Ternyata setelah mendapat edukasi dari ibu Dewi Manager Bank Sampah Panca Daya, ternyata sampah bernilai guna, dalam artian bisa dijadikan uang.

Setelah mendapat pencerahan dari ibu Dewi, maka kita merangkul PT Pegadaian sebagai mitra dari bank sampah. “Alhamdulillah, bak gayung bersambut, bapak Januardi sebagai Senior Vice President PT Pegadaian dan bapak Akmal sebagai Pimpinan Cabang mensuport kita dalam hal pemilahan sampah ini” lanjut Edmon.

Bentuk support dari Pegadaian kita diterima sebagai nasabah di Pegadaian. Semua sampah yang disetor di bank sampah tersebut, akan dikonversikan dalam bentuk uang kemudian kita setor ke pegadaian. Selanjutnya di pegadaian akan dikonversikan ke dalam bentuk emas.

Jadi dengan adanya bank sampah ini kita berharap bisa meminimalkan sampah-sampah yang selama ini mungkin tidak menjadi perhatian bagi kita, untuk itu mari kita pilah dan kumpulkan sampah bawa ke bank sampah untuk menjadi tabungan kita.

Sementara Bapak Hermanto anggota DPR RI Fraksi PKS mendukung positif keberadaan bank sampah di Kelurahan Indarung ini. “Bank sampah Sejahtera Bersama ini adalah satu-satunya bank sampah yang ada di Kelurahan Indarung” ujar Hermanto

Sementara ibu Dewi melihat ini sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk penguatan ekonomi.

Dalam pengelolaan bank sampah kita bekerja tanpa pamrih, karena di awal-awal berdiri tentu pengelolaan bank sampah ini belum memberikan penguatan yang signifikan kepada pengurus, sebagaimana hal yang saya lakukan ketika membangun bank sampah panca daya” ungkap Dewi

Sementara itu Direktur Bank Sampah Sejahtera Bersama Ranah Cubadak Indarung, Refwildon SE mengatakan, syarat untuk menjadi nasabah bank sampah harus menyiapkan fotokopi KTP dan uang Rp 70 rb dengan rincian 20rb sebagai uang administrasi dan 50 rb saldo awal dan untuk selanjutnya akan disetorkan ke PT Pegadaian.

Di bank sampah ini kita lebih menekankan nasabah untuk menabung, dan mengedukasi masyarakat untuk peduli sampah sambil menabung”

Hadir dalam acara launching Bank Sampah Sejahtera Bersama Ranah Cubadak Indarung, Tokoh masyarakat dan warga Ranah Cubadak, Ketua RW V, VI dan VII, Ketua LPM Indarung serta Lurah Indarung

(Marlim)

scroll to top