Lantik Jabatan Fungsional Tertentu, Bupati Alfedri Sebut Kesbangpol Kabupaten Siak Naik Level.

IMG-20230104-WA0025.jpg

SIAK, Benua news.com : Bupati Siak Alfedri melantik 22 Pejabat Administrator, kepala Puskesmas dan Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan pemerintah kabupaten Siak, berlangsung Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Selasa, (03/1/2023).

“Atas nama pemerintah kabupaten Siak saya mengucapkan selamat kepada bapak/ibu yang baru saja dikukuhkan. Dengan harapan di tunjuk dan di tempatkan bapak/ibu di posisi tertentu. Hendaknya mampu menjalankan amanah, tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya. Mempraktekan berbagai program yang tertuang baik dalam renstra maupun di dalam LPJMD,”ucap Bupati Alfedri.

Alfedri menambahkan, Pelantikan ini satu hal yang biasa dilingkungan Aparatur Sipil Negara dan ini suatu tradisi di dalam pemerintahan. Dalam rangka penyegaran dan promosi.

Pelantikan kali ini sebenarnya lebih kepada mengisi formasi dilingkungan Badan Kesbangpol yang sudah di tetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda) beberapa tahun lalu, sebelumnya Kesbangpol ini di jabat eselon III sesuai amanah peraturan Mendagri Nomenklaturnya berubah.

”Jadi Kesbangpol ini harus di tingkatkan se level eselon II kebetulan kita baru tahun 2021 di Perda kan, namun waktu itu mau dikukuhkan pejabatnya, kita belum memungkinkan, karena belum tersedia anggaran di tahun 2021”

“Jika mau di masukan di APBD-P tidak bisa karena terkait SIPD nya. Nomenklatur kantor tadi badan karena menyangkut dengan aplikasi sistem keuangan daerah yang terkunci SIPD. Makanya kita sesuai dengan anggaran tahun 2023. Hari ini kami kukuhkan agar supaya bisa dilakukan berbagai proses administrasi keuangan,kegiatan pengelolaan keuangan,”papar Alfedri.

Bupati Alfedri juga meminta kepada Sekda dalam waktu dekat dapat di tunjuk pejabat pelaksananya. Harapannya Badan Kesbangpol dapat menjalankan aktifitasnya sebagai OPD baru.

“Tolong Sekretaris Daerah hari ini atau besok sudah di tetapkan plt Kepala Badan Kesbangpol kabupaten Siak. Sehingga bisa di segerakan pengunaan anggaran, bendahara pengeluaran dan PPK SKPD agar nanti bisa di proses lebih cepat adminitrasi penggajian bagi personil yang ada di Badan Kesbangpol. Karena ini untuk pengisian jabatan yang baru di struktur yang baru dan formasi jabatan lain,”ucapnya.

Alfedri menambahkan pejabat yang dilantik harapannya memiliki kinerja yang baik, harus ada terobosan, inovasi dan tidak bekerja tidak biasa-biasa saja.

“Kami akan terus mengevaluasi bapak/ibu secara berkesinambungan, tentulah jika memiliki kinerja baik, nanti akan menjadi pertimbangan, dalam rangka met sistem. Saya sudah sampaikan tahun 2022 lalu, untuk menempatkan jabatan administrator kita adakan secara terbuka, Transparan dan akuntabel siapa yang berkompeten pada satu bidang tugas itu, yang akan kita tunjuk, berdasarkan uji kompetensi. Ini sudah kita mulai tahun lalu, tahun ini kita jaring lagi. Artinya seluruh pegawai yang memiliki pangkat golongan III/c-III/d kita persilahkan untuk mengikuti uji kompetensi sesuai nama sudah ada daftar dan list yang di miliki pejabat yang diberi wewenang untuk menguji kompetensi dari pada pegawai yang bersangkutan dan ini kita lakukan pertiga tahun,”harapnya.

Jabatan fungsional yang dikukuhkan hari ini menjadi eselon IV saya mintak kepada BKPSDM untuk menginventarisir jabatan fungsional sudah menduduki jabatan fungsional baik eselon IV maupun eselon III agar diberitahu kepada OPD nya untuk mengusulkan melalui BKPSDM kemudian di usulkan ke kementrian MenpanRB agar pegawai kita ini dapat mengikuti diklat teknis fungsional.

(agus, zega)

scroll to top