Kota Padang Dilanda Puting Beliung, Puluhan Pohon Tumbang

IMG-20220512-WA0005.jpg

Padang, Benuanews,- Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (11/5/2022) siang. Akibatnya, pohon tumbang terjadi hingga menghambat akses jalan serta menimpa rumah di 26 titik Kota Padang dengan rincian 23 titik pohon tumbang dan 3 titik atap rumah terbang karena Angin Puting Beliung.

“Sampai saat sekarang berdasarkan laporan sudah terjadi pohon tumbang yang terjadi di 26 titik di Kota Padang, kebanyakan menimpa rumah,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Basril.
Diantaranya terang Basril, pohon tumbang menimpa rumah di RT 01 RW 04 Kel. Pampangan Nan XX Kec. Lubuk Begalung Nan XX, serta di RT 02 RW 6 Kelurahan Pisang Kecamatan Pauh.

Selanjutnya sebut Basril, pohon tumbang yang juga menghambat akses jalan juga terjadi di RT 04 RW 04 Kelurahan Binuang Kampung Dalam Kecamantan Pauh, namun belum ada laporan ada korban.
“Sampai saat ini kita masih dalam penanganan. Kita menurunkan tiga tim untuk menangani pohon tumbang yang menghambat pohon akses jalan serta menimpa rumah,” sebutnya.

Dia mengingatkan, saat ini cuaca susah ditebak, namun BMKG sudah mengeluarkan peringatan tentang cuaca ekstrem yaitu hujan lebat disertai angin kencang. Hal itu bisa berdampak pada banjir, longsor, pohon tumbang, dan juga angin puting beliung.
“Jadi masyarakat diingatkan untuk hati-hati, terutama yang sedang beraktivitas di luar rumah. Terutama sekali, hindari parkir mobil atau berteduh di bawah pohon karena itu membahayakan,” katanya

(Marlim)

scroll to top