Korem 031/Wira Bima Gelar Apel Pasukan Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024

IMG-20240816-WA0045.jpg

PEKANBARU || Dalam persiapan menyambut pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Korem 031/Wira Bima menggelar apel kesiapan pasukan yang berlangsung di lapangan apel Makorem 031/Wira Bima. Jumat (16/08/2024)

Sebanyak 550 personel gabungan melaksanakan Apel yang digelar dipimpin langsung oleh Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dan materiil dalam menjaga keamanan selama proses demokrasi berlangsung di Provinsi Riau.

Dalam sambutannya Danrem menyampaikan, “Pilkada 2024 merupakan momentum demokrasi yang sangat signifikan bagi masyarakat kita. proses ini bukan hanya sebagai sarana untuk menentukan pemimpin daerah, tetapi juga sebagai cerminan kedewasaan ber-demokrasi dan penegakan hukum di negeri ini. dalam rangka itu, kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga agar pelaksanaan pilkada ini berjalan aman, damai, dan lancar.,” ujarnya.

“Pilkada 2024 akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 27 november 2024. di provinsi riau, ada beberapa daerah yang akan menyelenggarakan pilkada, meliputi kota pekanbaru, kota dumai, kabupaten siak, kabupaten kampar, kabupaten kuantan singingi, kabupaten rokan hulu, dan kabupaten rokan hilir. ini adalah momen penting bagi masyarakat di daerah-daerah tersebut untuk memilih kepala daerah. “Dengan memastikan kondusifitas keamanan, kita tidak hanya mengamankan proses demokrasi, tetapi juga memastikan setiap warga bisa menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan nyaman,” tambahnya.

Brigjen TNI Dany Rakca menyampaikan bahwa maksud dan tujuan Apel Gelar Pasukan ini adalah sebagai bentuk pengecekan kesiapan satuan-satuan yang ada di wilayah Korem 031/WB guna persiapan pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

Lebih lanjut Danrem 031/WB mengungkapkan bahwa Apel Gelar Pasukan sangat penting dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Prajurit, Alutsista, maupun segenap unsur pendukungnya, sehingga sewaktu-waktu dapat digerakkan dan mampu bereaksi dengan sigap dan cepat sesuai permintaan. “Untuk itu, saya berharap kepercayaan dan amanah dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024 ini agar benar-benar disiapkan sebaik mungkin,” ujar Brigjen TNI Dany Rakca.

“Sinergi antara TNI, Polri dan Forkopimda adalah landasan utama dalam menjaga kondusifitas wilayah kita. Kolaborasi yang harmonis antar lembaga ini merupakan kunci keberhasilan dalam memastikan lingkungan yang kondusif dan aman.
Dalam mendukung kelancaran Pilkada serentak tahun 2024. Para personel diberikan arahan dan instruksi khusus untuk bertindak secara profesional dan netralitas TNI dalam menjaga keamanan, serta siap untuk mengatasi potensi gesekan yang mungkin bisa terjadi.

Danrem juga menyampaikan bahwa TNI akan menjunjung tinggi komitmen netralitas dalam menghadapi tahun politik 2024 sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI dan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” ujarnya.

scroll to top