KODIM 0319/MENTAWAI BERSINERGI BERSAMA MASYARAKAT GANG SUKUN, DUSUN DESA SIPORA JAYA BENTUK KAMPUNG PANCASILA

k-pancasila.jpeg

MENTAWAI (benuanews.com) ~ Berlokasi di Gang Sukun, Dusun tunas Baru, Desa Sipora Jaya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Anggota Kodim 0319/Mentawai melakukan gotong royong bersama menyiapkan Gang tersebut menjadi Kampung Pancasila.(11/03/2022).

Pasiter Kodim 0319/Mentawai menjelaskan kepada Benuanews.com, “Ini merupakan salah satu program yang bertujuan untuk memupuk nasionalisme warganya. Termasuk didalamnya kebersihan dan kerapiannya. Serta menciptakan lingkungan yang aman dan asri. Dan ini menjadi binaan Kodim 0319/Mentawai.”

“Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas, untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat di Pancasila, karena penduduknya beragam, untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila serta untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara,” ungkap Pasiter.

“Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila ini adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul. Pengembangan budaya melalui Pancasila juga akan menghasilkan kecerdasan spiritual. Lalu, pengembangan sosial akan menghasilkan kecerdasan emosional, dan pengembangan ilmiah akan menghasilkan kecerdasan intelektual,” pungkas Pasiter.

Kegiatan gotong royong tersebut melibatkan Anggota Kodim 0319/Mentawai, Kepala Desa, Kepala Dusun dan warga Gang Sukun Desa Sipora Jaya, Kabupaten Kepulauan Mentawai.(W).

scroll to top