Ketua DPRD Solok Selatan Didatangi Sejumlah Petinggi Adat Alam Surambi Sungai Pagu Diskusikan Pembukaan Jalan Kambang-Muarolabuah

IMG-20201021-WA0003.jpg

Solok Selatan , Benuanews.com– Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda didatangi sejumlah petinggi petinggi adat Alam Surambi Sungai Pagu.

Kedatangan orang orang nomor satu di Kerapatan Adat Nagari KAN itu guna mendiskusikan kelanjutan pembukaan jalan Kambang – Muaralabuh yang tertunda selama berpuluh tahun.

Ikut dalam diskusi dengan ninik mamak alam surambi sungai pagu,ketua KAN pasir talang,ketua KAN Pakan Rabaa,ketua KAN Koto Baru,dan Ketua KAN Pauh Duo,terkait lanjutan jalan Kambang – M. labuh, Minggu (19/10) kemaren,” kata Zigo Roland, saat dikonfirmasi Media ini, Selasa (20/10) dikantornya.

Untuk jalan kambang – M.labuh kami DPRD akan mendukung secara total agar cita2 para perintis akses (jalan penghubung) yg penuh histori adat (kekerabatan) antara kita kabupaten solok selatan dengan saudara kita di kabupaten pesisir selatan dapat terwujud.

Sedikit kita melihat sejarah berdasarkan kekerabatan masyarakat Alam Surambi Sungai Pagu ( Solok Selatan ) dengan masyarakat Banda Sapuluh ( Pessel) merupakan satu kesatuan masyarakat yang berasal dari perjalanan nenek moyang kita dahulunya dari alam surambi sungai pagu ke bandar sepuluh dalam rangka pengembangan wilayah serta kebutuhan ekonomi berupa perdagangan hasil pertanian yang di perdagangkan ke daerah Kabupaten Pesisir Selatan itu.

Kedepan hal ini harus selalu kita lakukan,dimana pemerintah harus menggandeng ninik mamak, ninik mamak merupakan tokoh penting dalam hal pemekaran Solok Selatan 16 tahun silam. Pemerintah harus melibatkan peran ninik mamak agar terciptanya Good Governance dan Clean Governance,” ajak. Helfi yulinda

scroll to top