Ketua DPRD dan Kadisperindag Provinsi Sumbar Hadiri Temu Ramah Dengan Anggota KOPAS ANAM Sumbar

IMG-20220604-WA0009.jpg

Payakumbuh, Benuanews.com,- Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi dan Kadisperindag Sumbar Asben Hendri menghadiri acara temu ramah dengan pelaku UMKM yang tergabung dalam Koperasi Anak Nagari Minangkabau atau yang disingkat KOPAS ANAM, bertempat di Cafe Agam Jua Kota Payakumbuh, Jumat 3 Juni 2022.

Inisiator pertemuan ini adalah Supardi Ketua DPRD Provinsi setelah berdiskusi dengan Ketua KOPAS ANAM F. Takarina tgl 30 Mei yang mana saat itu Rina menyampaikan keinginannya untuk pengembangan usaha KOPAS ANAM antara lain mewujudkan toko oleh oleh di BIM (Bandara Minang Kabau) dan pengembangan Pariwisata dan Budaya di Sumbar.
Dalam waktu singkat ketua DPRD menginisiasi pertemuan ini dengan mengajak beberapa instansi dan Asosiasi terkait antara lain :
Asben Hendri Kadis Perindag, Yusuf Abid Ketua Komisi V Provinsi Sumbar, Darmawi ketua ASITA Sumbar, Rinaldi ketua Aprindo Sumbar, Andiko Jumarel Coach Pariwisata KOPAS ANAM.
Acara ini juga dihadiri oleh Ketua IWAPI Kota Payakumbuh Nurmaliza.

Sementara anggota KOPAS ANAM yang hadir terdiri anggota yang tersebar di kab/kota di Sumbar.

Ketua KOPAS ANAM F. Takarina dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua DPRD Povinsi Sumbar yang telah memfasilitasi pertemuan ini juga kepada para tamu undangan yang hadir dalam acara temu ramah tersebut.
Dalam sambutannya Rina juga menceritakan sejarah berdirinya Koperasi Pemasaran Anak Nagari Minang Kabau atau yg disingkat dg KOPAS ANAM.

Kopas Anam terbentuk dari berkumpulnya para UMKM saat pelatihan yg diadakan Kominfo di Politeknik Padang. Saat itu banyak pelaku UMKM yg mengeluhkan tidak mampu melanjutkan usahanya disebabkan Pandemi yg melanda negeri. Produk2 yg mereka buat, susah sekali untuk dipasarkan. Jadi setiap berproduksi selalu merugi. Demikian juga UMKM sektor Pariwisa, tidak ada tamu yang datang membuat ekonomi keluarga carut marut. Atas dasar itulah timbul ide kami membuat Koperasi yg lain dari yg lain, yaitu Koperasi Pemasaran untuk semua UMKM dari berbagai Sub Bidang yg ada di Sumatera Barat antara Lain: Kuliner, Fashion, Kriya, Jasa, Budaya dan Pariwisata. Karena saat itu semua sektor bidang usaha sangat terdampak.
Kami para pendiri Kopas Anam bertekat ingin membantu para UMKM yg ada di Sumatera Barat umumnya dan yang tergabung di Kopas Anam pada khusus nya bisa terlepas dari masalah yg dihadapi dan bisa kembali meningkatkan ekonomi keluarga.

Tanpa menunggu waktu lama kami ke Kantor Gubernur dan berkonsultasi dg Bu Hilma, kami disarankan ke Disperindag provinsi. Saat bertemu dengan bapak Ridonal Kabid Perdagangan dan Ekspor Provinsi maka gayung bersambut dan beliau menyemangati kami untuk melanjutkan ide yg baik ini.
Akhir cerita Kopas Anam dikukuhkan oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat pada bulan 14 Februari 2022 yang dihadiri oleh tokoh tokoh masyarakat dan perantau Minang yang peduli terhadap kemajuan UMKM Sumatera Barat.

Dalam pertemuan tersebut Ketua DPRD, Kadisperindag, ASITA Aprindo dan Andiko Jumarel sangat antusias ingin bersinergi dalam mewujutkan Visi dan Misi dari KOPAS ANAM untuk memajukan UMKM NAIK KELAS agar terlepas dari kesulitan ekonomi pasca pandemi ini.

Ketua DPRD Sumbar Supardi dalam arahannya meminta kepada seluruh anggota KOPAS ANAM agar terus berproduksi dengan memperhatikan mutu produk, sehingga layak untuk dipasarkan baik pasar domestik maupun pasar internasional.

“Teruslah berkarya dan berproduksi, tingkatkan pengetahuan agar semakin lama produk bapak/ibu bisa diterima oleh pasar” ujar Supardi.

Sebagai pelindung KOPAS ANAM dan sebagai ketua DPRD Provinsi SUMBAR Supardi berjanji akan membantu anggota KOPAS ANAM agar bisa naik kelas. “Untuk itu, saya akan jadikan produk anggota KOPAS ANAM sebagai oleh-oleh baik untuk tamu dewan yang berkunjung ke Sumbar, maupun yang akan kami bawa kalau berkunjung ke luar daerah” lanjut Supardi.

Sementara Kadisperindag Sumbar Asben Hendri dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung kegiatan yang sudah dan yang akan dilakukan oleh KOPAS ANAM. “Kami dari pemerintah Provinsi sangat mendukung setiap gerakan koperasi yang akan meningkatkan perekonomian anggotanya” ujar Asben.

Asben meminta kepada anggota KOPAS ANAM agar melengkapi izin-izin yang dibutuhkan dalam sebuah produk, seperti P-IRT, halal, MD dan lainnya. “Setiap tahun di OPD yang ada di provinsi selalu ada anggaran untuk pengurusan izin secara gratis” ungkapnya. Silahkan nanti Ketua KOPAS ANAM menghubungi kami di Padang, lanjut Asben

Dalam temu ramah tersebut, masing-masing anggota membawa contoh produk yang akan dimasukan dalam daftar Goody Bag pesanan Ketua DPRD Supardi.

(Marlim)

scroll to top