Kerjasama Asistensi Manajamen Pengamanan Perusahaan Antara Polda Banten dan PT. KBS

IMG_20210902_192345.jpg

Kota Serang Benuanews.com, Polda Banten menjalin Perjanjian Kerja Sama dengan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) tentang Penyelenggaraan Pengamanan di lingkungan kerja PT Krakatau Bandar Samudera.

Perjanjian kerjasama yang dilaksanakan di Ruang Crisis Center Polda Banten dengan menerapkan Protokol Kesehatan dipimpin langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho bersama CEO Krakatau Internasional Port Akbar Djohan. Kamis, (2/9/2021)

PT Krakatau Bandar Samudra adalah pengelola pelabuhan yang terletak di Cigading Kota Cilegon – Provinsi Banten dan terletak di wilayah geografis wilayah perairan Selat Sunda Indonesia, merupakan pelabuhan curah terbesar di Indonesia. diresmikan tahun 1996, memiliki 17 (tujuh belas) dermaga dengan pelayanan kargo mencapai 2.000.000 ton, dengan panjang dermaga 3.370 meter yang dapat melayani 17 kapal secara bersamaan.

Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan asistensi Pembinaan Sistem Manajemen Pengamanan di PT KBS yang dilaksanakan secara periodik selain itu juga melakukan pendampingan penegakan hukum apabila terjadi tindak kejahatan serta melaksanakan koordinasi tentang proses penegakan hukum di lingkungan Kerja.

Kegiatan tersebut meliputi pertukaran data dan informasi, bantuan pengamanan, pembinaan manajemen pengamanan, penegakan hukum dan pembinaan masyarakat serta peningkatan sumber daya manusia dibidang pengamanan.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho menyampaikan perjanjian kerjasama ini dalam rangka upaya menjaga situasi keamanan yang kondusif dalam kegiatan operasional perusahaan dan sebagai upaya kita bersama untuk melakukan pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum.

“Perjanjian ini bermakna sangat strategis, dikarenakan selain mendukung kebijakan pemerintah dan pembangunan nasional dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Perjanjian ini juga merupakan upaya untuk memperkuat pemeliharaan Kamtibmas dengan menjalin kemitraan dan memperkuat sinergi Polisional,” Kata Rudy Heriyanto.

Selanjutnya Rudy Heriyanto menyampaikan dalam perjanjian kerjasama ini untuk terselenggaranya Pengamanan yang baik di lingkungan kerja PT Krakatau Bandar Samudera.

“Keamanan terjaga dapat mengindentifikasi potensi gangguan, dapat menentukan konfigurasi standar pengamanan dan melakukan audit sistem manajemen pengamanan, “Ujar Kapolda Banten.

Dengan demikian, Rudy Heriyanto berharap dengan adanya kerjasama ini dapat mendukung keamanan PT Krakatau Bandar Samudera sebagai International Port atau pelabuhan internasional.

Sementara itu, CEO Krakatau Internasional Port (KIP) Akbar Djohan menyatakan bahwa perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk memberikan keamanan di Pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera sehingga dapat meminimalisir kecelakaan kerja (Zero Accident).

“Kami yakin dengan tantangan dan ancaman saat ini menjadi hal yang mutlak untuk kami meningkatkan level dibidang keamanan dan keselamatan. Baik keamanan pada kapal yang berlabuh maupun ABK nya serta kargonya, oleh sebab itu kami melakukan kerjasama dengan Polda Banten, ” ujar Akbar Djohan.

Melalui perjanjian ini Akbar Djohan berharap bisa mencegah ancaman-ancaman yang dapat terjadi, seperti ancaman teroris dan penyeludupan di pelabuhan. dan dalam MOU ini kami meminta pembinaan dari Polda Banten untuk bisa memberikan standar SOP bagaimana layaknya objek vital yaitu pelabuhan kita yang merupakan aset milik negara,” tutupnya.

Turut hadir dalam perjanjian kerjasama tersebut, Karoops Polda Banten Kombes Pol A. Roemtaat, Dirpamobvit Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi, Dirsamapta Polda Banten Kombes Pol Noerwiyanto, Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho dan Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga, Direktur SDM & Keuangan PT KBS
Dazul Herman. (Baedi Muhtar)
(Am/Bidhumas)

scroll to top