Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Binjai Menilai MPLS Sarana Awal Gali Potensi Siswa

IMG-20220715-WA0017-1.jpg

Binjai – Sumatera Utara , Benuanews.com Serba-serbi dan ragam kegiatan bernuansa kreatifitas mewarnai acara Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Negri 4 Kelurahan Timbang Langkat , Kecamatan Binjai Timur , Kota Binjai : Sumatera Utara .

Mulai dari giat PMR-PMI, Pasukan pengibar utama (Pastama), penampilan metode variasi formasi, ekskul tari, pidato bahasa inggris, pramuka, baca Al-Qur’an hingga kegiatan siswa sadar hukum yang dibimbing langsung oleh Kanit Keamanan dan Keselamatan Satuan Lalu Lintas Polres Binjai Iptu Kartoni Sinuraya.

Tak hanya itu, MPLS pun diwarnai lomba ruang kreatif terdiri dari 8 stand yang menampilkan hasil kerajinan tangan dari pembimbing dan siswa di SMP Negri 4.

Kepala Sekolah SMPN 4 Binjai Yudi Aristiawan, mengaku pihaknya sengaja membuat ragam kegiatan bagi siswa pada masa perkenalan lingkungan sekolah, baik itu murid baru maupun siswa lama.

Walaupun disebutnya, masa orientasi peserta didik baru adalah hal yang lazim ditemui di setiap sekolah. Namun Yudi menilai, ada makna yang lebih spesifik jika MPLS dipandang dari sudut yang berbeda.

“kita buat beragam kegiatan agar bisa melihat berbagai potensi dan bakat siswa dari segala aspek, mau itu sisi akademik ataupun non-akademik. Karena kecerdasan tiap individu pasti berbeda, nah dari situ kita dapat menggali, mengasah dan harus mampu memahami bakatnya (siswa) untuk dikembangkan secara terstruktur. Karena di SMPN 4 Binjai , akan mulai digalakkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), harus dimulai sejak dini,” tutur Yudi, Kamis , (15/7) kemarin .

Dijelaskannya sesuai dengan tema MPLS hari ini, yakni cerdas kreatif, berprestasi berdasarkan ketaqwaan, digitalisasi dan peduli lingkungan.

“Hal ini selaras dengan konsep ‘Merdeka Belajar’, hanya saja kita perlu menginovasikannya sesuai dengan karakter para siswa. Masa orientasi siswa sebagai langkah awal menuju pengembangan SDM di SMPN 4 Binjai , ” jelas Yudi.

pantauan awak media ini acara MPLS juga dihadiri Karang Taruna, Komite Sekolah Hanafi, dan diwarnai pemberian cindera mata. Lalu ada kegiatan penyerahan medali dan piala bagi siswa pemenang ruang kreatifitas, serta beragam kegiatan lainnya.

( Darmayani )

scroll to top