Kecamatan Kota Komba Utara, Laksanakan Musrenbangcam Tahun 2021

IMG-20210306-WA0008.jpg

Manggarai Timur (benuanews.com) — Kecamtan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur menggelar musyawarah rencana pembangunan perdana (musrenbangcam) dengan tema “peningkatan pemulihan ekonomi melalui pengembangan infrastruktur dasar, sosial budaya, pariwisata, berbasis budaya, berlangsung Jumat (05/03/2021) diruangan SDK watu weri.

Musyawarah rencana pembangunan merupakan rancangan tahunan sebagai amanat dari permendagri No. 86 tahun 201

Mewakili Bupati Manggarai Timur dalam sambutanya camat Kota Komba Utara menyampaikan tujuan di adakan musrenbangcam adalah untuk penajam, penyelarasan, dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan di daerah wilayah kecamatan.

“Maksud diselenggarakan musrenbangcam untuk menyampaikan semua gagasan, usulan dan progam kerja untuk dijadikan RKPD, juga untuk pengembangan keunggulan desa serta menambah daya saing daerah dan pemerataan infrastruktur,” Ungkapnya

Camat Nikolaus juga menjelaskan bahwa, muarenbangcam ini lebih di fokuskan
pada usulan-usulan yang memang menjadi skala prioritas untuk menjawab segala keluhan yang dialami masyarakat.

“Usulan prioritas dari 12 delegasi desa yang ada di kecamatan kota komba utara dapat semoga di realisasikan sehingga nantinya menjadi kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalaan yang di hadapi di wilayah masing-masing dapat di selesaikan,” Jelasnya pada awak media benuanews.com

Pada kesempatan yang sana Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Matim FP mengatakan bahwa, memang banyak usulan-usulan yang di sampaikan, tapi bukan berarti semuahnya terealisasi mengingat banyak anggaran diambil untuk menangani kasus pandemi covid-19.

“Kami tidak menjamin semua usulan bisa terealisasi, namun lebih dulu kita kaji kira-kira program mana yang memang harus diprioritaskan, “katanya

Disampikan juga kasubbid perekonomian, SDA dan infrastruktur satu dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Manggarai Timur (BAPPEDA) Zakaria Kedang bahwa, musrenbangcam merupakan RKPD tingkat kecamatan bertujuan untuk menjaring usulan- usulan yang sudah di sampaikan desa melalui SIPDes (Sistem Informasi Pelaporan Pembangunan dan Pemberdayaan Desa) sehingga akan menjadi usulan prioritas Kecamatan Kota Komba Utara untuk diteruskan pada tingkat kabupaten.

“Untuk mendukung program kerja yang diusulkan dari desa semua harus dilengkapi dengan data-data yang valid, sehingga usulan itu menjadi prioritas di tingkat kabupaten. Terkait banyaknya usulan program dari desa-desa sekecamatan Kota Komba Utara, tentu kita akan melakukan verifikasi terdahulu, tidak bisa dijalankan serentak, mengingat banyak anggaran sekarng dipangkas untuk penanganan covid-19, ” Ungkapnya

Pada awak media juga sekretaris kecamatan Kota Komba Utara (sekcam) Hironimus Wahyu Toi menegaskan bahwa, musrenbang perdana yang di lakukan di kecamatan kota komba utara pada hari ini mempunyai tujuan yang sangat penting dalam rangka memperoleh sebuah dokumen untuk menyusun sebuah rencana kerja prangkat daerah ke depan.

“Kota Komba Utara adalah kecamatan baru jadi di butuhkan sebuah perencanaan yang memang betul-betu akurat. harapan kami untuk kedepanya supaya OPD (organisasi Perangkat Daerah) lebih bergegas lagi untuk menghadiri kegiatan seperti ini, karna lidingnya berada di OPD.” tegasnya. (Rion Andu)

scroll to top