Kebersamaan dan Berbagi, SPY Bregas Kota Tegal Berbagi Takjil

https://Benuanews.com. Kota Tegal – Jajaran pengurus Surya Pancanaka Yapass Bregas Kota Tegal membagikan takjil untuk berbuka puasa bagi masyarakat sekitar kantor di Jalan Mataram, Kelurahan Pesurungan lor, Margadana dan jalan Hangtuah Tegal Sari, Kec Tegal Barat, Sabtu (30/3/2024).

Ketua Devisi Sosial dan Kemasyarakatan SPY Bregas Yuli Ani mengatakan, bulan Ramadhan dalam kepercayaan umat Islam merupakan bulan suci dan penuh berkah. Berbagi takjil menjadi sarana yang baik untuk saling berbagi berkah dan kebahagiaan dengan masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian sosial untuk lebih menguatkan toleransi, nilai-nilai kemanusiaan dan rasa saling berbagi,” ungkapnya.

Selain memupuk rasa kebersamaan dengan masyarakat sekitar di bulan suci Ramadan 1445 H ini, berbuka puasa bersama menjadi momentum untuk membangun rasa kebersamaan dan merekatkan tali silaturahmi.

Sementara itu dilokasi yang sama, Ketua DPC SPY Bregas Kota Tegal, Saeful Arifin mengatakan, secara garis besar, terdapat dua makna ibadah yaitu ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah. Mahdhah adalah ibadah yang sudah memiliki ketetepan di dalam kita suci Alquran. Ia mencontohkan, seperti salat dan berpuasa di bulan ramadhan.

Sedangkan ibadah ghairu mahdhah diartikan sebagai segala perilaku yang diijinkan, tidak keluar dari ketentuan, mendatangkan kebaikan,serta dilaksanakan dengan niat iklas karena Allah SWT.

“Bekerjalah dengan iklas maka hasilnya menjadi halal. Oleh sebab itu, bekerjalah dengan baik tidak ogah-ogahan sehingga hasilnya maksimal karena berkerja merupakan bagian dari ibadah,”tutup ia. (Vid)

scroll to top