Kantor Kemenag Bartim Menggelar Pembinaan Calon Hakim dan Juri MTQ STQ

IMG-20201216-WA0058.jpg

BARITO TIMUR (Benuanews.com) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar pembinaan calon dewan hakim dan juri Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tahun 2020, yang dilaksanakan di Hotel Ade Tamiang Layang. Rabu (16/12)

Kegiatan pembinaan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh sekaligus sebagai ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Kepala Kantor Kemenag Bartim Abdul Majid Rahimi beserta jajaran, nara sumber Uztad Hairudin dari Provinsi Kalimantan Tengah serta 55 peserta se Bartim.

Dalam sambutan Wakil Bupati Barito Timur mengatakan ,” Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Ketua Umum LPTQ Kabupaten BaritoTimur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Nara Sumber dari Palangkaraya yang berkenan hadir memenuhi undangan kami dalam rangka pelatihan dewan Hakim yang diselenggarakan LPTQ Kabupaten Barito Timur.”, jelas Habib.

Pengembangan Tilawatil Quran Merupakan upaya strategi dalam upaya menumbuhkan kecintaan kita kepada Al Quran. melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Barito Timur yang
yang mempunyai peran penting terutama dalam peningkatansemangat ummat islam untuk membaca, memperlajari dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an.

Lanjutnya, Berdasarkan hal di atas LPTQ Kabupaten Barito Timu melalui seksi pembinaan dan perhakiman mengadaan program pelatihan Dewan Hakim se-Kabupaten Barito Timur yang diikuti oleh utusan dari kecamatan se Kabupaten Barito Timur, yang diharapkan nantinya mereka menjadi calon-calon dewan hakim pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan STQ di tingkat Kabupaten bahkan di tingkat Provinsi.

Dikatakannya, pelaksanaan pelatihan dewan hakim ini bukan hanya dilaksanakan sebatas jangka pendek yakni bukan sebatas persiapan menghadapi MTQ atau STQ saja, akan tetapi lebih dari itu. Pelatihan Dewan hakim ini memiliki tujuan jangka panjang yaitu, memberikan pemahaman kepada semua dewan hakim yang aktif maupun Kader–kader yang kelak akan menjadi dewan Hakim”, ujar Habib.

Melalui Pelatihan Dewan hakim ini juga kita mengharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan Dewan Hakim ketingkat yang lebih tinggi yaitu terbentuknya karakter Dewan Hakim yang Propesional, berkualitas, Jujur, dan Netral dalam memberikan Penilaian”, papar Habib

Jadi para peserta yang telah selesai mengikuti Pelatihan Dewan Hakim, mereka inilah yang nantinya bisa kita harapkan utuk mendidik anak-anak kita dalam bidang Tilawah, Tajwid, fashahah dan Qiro’at dengan demikian dari tangan-tangan merekalah akan muncul peserta-peserta terbaik yang bisa mewakili kabupaten Barito Timur dilevel yang lebih tinggi lagi yakni, MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah bahkan ke tingkat Nasional.”, lanjutnya.

Ditemui terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat Islam sekaligus menjabat sebagai sekretaris LPTQ Bartim As’ari menyampaikan, ” Saya selaku sekretaris LPTQ Bartim memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan pembinaan calon hakim MTQ dan STQ Kabupaten Bartim ini yang diselenggarakan oleh koordinator seksi pembinaan dan perhakiman”, ungkap As’ari.

” Mudah-mudahan ini menjadi awal bekal bagi calon dewan hakim dan juri kita agar lebih profesional dan berkualitas dalam cara menuangkan penilaian terhadap peserta MTQ dan STQ tingkat Kabupaten Bartim bahkan kalau memungkinkan juga bisa di promosikan juga menjadi dewan hakim tingkat provinsi Kalimantan Tengah”, pungkasnya. (Boy)

scroll to top