Kadis Perikanan dan Pangan Buka Acara Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal

IMG-20220322-WA0013.jpg

Padang, Benuanews.com,- Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Guswardi membuka acara Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal Kelompok Sadar Wisata Mato Aia Kelurahan Mato Aia Kecamatan Padang Selatan, Selasa 22 Maret 2022.

Kelompok Sadar Wisata Mato Aia Kelurahan Mato Aia merupakan satu-satunya Pokdarwis yang aktif dan mendapat pembinaan dari Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang.

Seperti diberitakan sebelumnya Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang memberikan bantuan bantuan berupa 150 batang bibit pohon Matoa, 150 batang bibit pohon Sukun dan 800 bibit jahe dalam polibag serta 150 karung pupuk kandang tersebut diterima langsung oleh Ketua Pokdarwis Matoa Zulkarnaini disaksikan Kasi Kesos Padang Selatan Aidil Zulhani dan Lurah Mato Aia Suardi.

Kadis menjelaskan bantuan bibit tersebut merupakan salah satu program dari Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang dalam upaya mewujudkan Desa Mandiri Pangan.

“Ini merupakan program kita guna mewujudkan Desa Mandiri Pangan yang diselaraskan dengan program Walikota Padang yaitu Kampung Tematik,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut dari program bantuan ini, maka pada hari ini diadakan pelatihan pengolahan pangan lokal, seperti pembuatan nuget dengan bahan baku sukun, kue talam.dari sukun, mengolah jahe jadi minuman, pengolahan matoa jadi buah kaleng.

*Tumbuhan sukun, tumbuh dengan subur di wilayah kita. Sukun gampang tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga sangat cocok sekali kita adakan pelatihan pengolahan pangan dari buah Sukun ini” ujar Guswardi.

Kadis berharap pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian anggota Pokdarwis Mato Aia dan masyarakat sekitar, sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Acara pelatihan ditandai dengan praktek pengolahan sukun menjadi nuget oleh ibu-ibu anggota Pokdarwis Mato Aia.

Camat Padang Selatan Teddy Antonius yang diwakili Kasi Pemerintahan Feni didampingi Lurah Mato Aia Suardi pada kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan bantuan dari Dinas Perikanan dan Pangan kepada Kampung Tematik Bukit Mato Aia.

Menurut Feni Kampung Tematik Bukit Mato Aia saat ini memang sedang dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata olahraga dan keluarga. Karena berada di perbukitan yang berhawa sejuk, para wisatawan dapat menikmati keindahan Kota Padang dari berbagai sisi jika sudah berada di puncak bukit yang dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit dengan berjalan kaki.

“Jadi dengan adanya pelatihan ini, maka diharapkan perekonomian masyarakat anggota Pokdarwis Mato Aia bisa meningkat” ujar Feni.

(Marlim)

scroll to top