Kabupaten Limapuluh Kota Siap Sebagai Tuan Rumah Harganas ke -31 Tingkat Sumbar

IMG-20240808-WA0012.jpg

Benuanews.Com,-Limapuluh Kota Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi tuan rumah peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2024 tingkat Provinsi Sumatera Barat. Harganas Ke-31 ini bakal digelar dari tanggal 08 hingga 10 Agustus 2024. Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota pun bersiap untuk menyukseskan dengan menggelar berbagai kegiatan. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lima Puluh Kota Wilda Reflita, S.ST., M.M. mengatakan, pelaksanaan Harganas 2024 tingkat Provinsi ini diharapkan bisa berjalan dengan maksimal dan Pemerintah Daerah siap menyambut dengan meriah para tamu, baik dari pusat maupun provinsi, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (07/08). Ia juga menyampaikan bahwa dalam rapat persiapan sebelumnya masing-masing perangkat daerah telah mendapatkan tugas untuk menyukseskan Harganas dan untuk meramaikan kegiatan ini akan dilakukan sosialisasi hingga ke nagari-nagari.

Lebih jauh Kepala Dinas yang akrab disapa Tek Wil ini memaparkan bahwa akan ada berbagai rangkaian kegiatan yang akan diikuti oleh utusan kabupaten/ kota se-Sumbar nantinya dalam ajang tahunan ini selama tiga hari pelaksanaan. “Dihari pertama akan dilakukan rangkaian kegiatan Genre Goes To School, Temu Inklusi Genre Ranah Minang (Kurenah) dan Audit Kasus Stunting dengan pelaksanan forum Genre Sumbar didukung kader-kader di Lima Puluh Kota di beberapa titik lokasi,” ucapnya.

Sementara itu untuk hari kedua akan dilakukan kegiatan-kegiatan berlokasi di nagari-nagari seperti Kelas Pengasuhan Kelompok BKB Tingkat Desa/ Nagari, Mupen On The Road yang di ikuti Mobil Penerangan se-Sumatera Barat, jambore kader, pemutaran film Bangga Kencana dan senam lansia. “Kelas Pengasuhan Kelompok BKB tingkat desa/ nagari akan dilakukan sejalan dengan program Bupati Jum’at Manyapo (BAJUMPO) di Nagari Kubang Kecamatan Guguak,” terang Tek Wil.

Puncak acara Harganas ke-31 akan berlangsung pada hari ketiga tanggal 10 Agustus 2024 di taman RTH Mahkota Berlian Sarimalak, dengan melibatkan ribuan peserta dari kabupaten/ kota se-Sumbar maupun masyarakat Lima Puluh Kota sendiri. “Setelah beberapa rangkaian kegiatan dari hari pertama, puncak kegiatan Harganas akan diadakan di taman RTH Mahkota Berlian yang akan diikuti ribuan peserta dan mudah-mudahan kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dan sukses dalam pelaksanaan kegiatan ini dengan dukungan dari berbagai pihak terkait,” pungkas Tek Wil.

Kegiatan Harganas sendiri merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan keluarga dan pembentukan keluarga berkualitas, dimaksudkan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi. Untuk tahun ini dilakukan dengan tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”.(Julian)

scroll to top