Jelang MXGP Samota, Ditlantas Polda NTB Akan Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Luar dan Dalam Area Sirkuit

20220621_0826412-scaled.jpg

Mataram, NTB benuanews.com – Direktorat Lalu lintas (Ditlantas) Polda NTB akan melakukan rekayasa lalu lintas menjelang MXGP di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang akan berlangsung nanti pada 24-26 Juni 2022.

Usai apel serpas ops Samota Rinjani dalam rangka pengamanan event MXGP Samota 2022, saat ditemui awak media Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo menyampaikan dalam rekayasa lalu lintas dibagi menjadi dua yaitu diluar dan didalam area sirkuit (21/06).

“Rekayasa diluar sirkuit meliputi jalan menuju samota dibagi atas empat, pertama dari arah pelabuhan poto tano menggunakan jalur lintas by pass poto tano – sumbawa, ke dua dari arah bandara langsung menuju samota, yang ketiga dari pelabuhan badas langsung menuju samota dan yang keempat dari arah dompu menuju samota dimana semua jalur tersebut tidak memiliki jalur alternatif”, ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, dari hasil komunikasi dan koordinasi dengan Kadishub akan menyiapkan 2 shuttle bus yang akan ditempatkan di dua titik yaitu di sumber payung dan labuan badas, harapannya penonton yang akan menuju area samota yang melalui jalur tesdebut dapat menggunakan shuttle bus yang telah di siapkan guna mengurangi kemacetan di area MXGP Samota.

Dalam kesempatan ini masyarakat dihimbau bagi penonton yang akan menyaksikan secara langsung event MXGP Samota, alangkah lebih baiknya menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor karena lebih simpel, mudah pengaturannya dan akses parkirnya lebih dekat dengan sirkuit.

Untuk rekayasa didalam area sirkuit, panitia penyelenggara telah menyiapkan area parkir. Untuk pengguna sepeda motor yang dapat memarkir di depan perumahan grand samota dengan daya tampung lima ribu sampai tujuh ribu sepeda motor. Untuk pengguna mobil disiapkan diluar area sirkuit samota.

“Jika situasi penonton sedikit landai shuttle bus yang telah disiapkan bisa mendekat ke area sirkuit, penonton cukup berjalan kurang lebih 300 meter dari area sirkut. Jika situasi penontonnya agak ramai tapi masih memungkinkan shuttle bus untuk manufer Mendekati area sirkuit, penonton akan diturunkan sedikit menjauh dari area sirkuit kurang lebih 700 meter. Jika situasi penonton sangat padat maka shuttle bus akan manufer di simpang absara dan penonton akan berjalan sedikit jauh dari area sirkuit kurang lebih 1.200 meter”, ucapnya.

Ditlantas Polda NTB melibat 50 personil dan kendaraan penunjang operasional. Dimana 50 personil tersebut terbagi menjadi beberapa tugas diantaranya mengurai kemacetan, pengawalan, penjagaan dan pengaturan lalu lintas yang telah ditempatkan di simpang rawan kecelakaan, dan penanganan kecelakaan lalu lintas.

Semoga informasi yang kami berikan untuk masyarakat dapat bermanfaat guna kelancaran dan suksesnya event MXGP Samota 2022, sehingga akan membuat kita lebih dikenal dunia luar khususnya samota, Sumbawa, Nusa Tenggara barat, tutupnya.(Arf)

scroll to top