Jelang Idul Adha, Disnakan Bojonegoro Berbagi Tips Memilih Hewan Qurban

Polish_20210710_171735711.jpg

Bojonegoro.- Menjelang hari raya Idul Adha 1442 H, umat muslim yang mampu mempersiapkan diri untuk berqurban. Agar ibadah qurban semakin sempurna, memilih hewan qurban yang baik dan sehat menjadi keharusan.

Bagi umat Islam yang akan membeli hewan qurban, perlu mengetahui kriteria hewan ternak yang layak untuk dijadikan qurban. Untuk tujuan itu, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Bojonegoro memberi beberapa penjelasan yang diharapkan bisa membantu.

Menurut drh. Sugiharti Sri Rahayu, Kabid Keswan dan Ternak Disnakan Bojonegoro, bagi masyarakat yang mau membeli hewan qurban agar memilih hewan yang memenuhi persyaratan sesuai syariat islam.

“Tentunya harus sehat, hal ini bisa dilihat dari bulu yang mengkilat, mata bening dan lincah,” ucapnya.

Selain itu, tips memilih hewan qurban yang baik dan sehat adalah tidak kurus dan tidak cacat. Hindari memilih hewan yang mengalami buta, pincang, patah tanduk, putus ekor, maupun rusak daun telinga.

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, tentunya yang dipilih adalah berjenis kelamin jantan. “Pilihlah hewan qurban jenis kelamin jantan yang tidak dikebiri, buah zakar lengkap dua buah dan simetris,” ungkap drh. Sugiharti

Ia juga menjelaskan bahwa tips pemilihan hewan qurban yang lainnya adalah cukup umur baik untuk hewan sapi, kambing ataupun domba. Untuk domba di atas umur 1 tahun sedangkan hewan sapi diatas umur 2 tahun. “Hal ini ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap,” jelasnya. (Jion/red).

scroll to top