Jalin Sinergi Dengan Pemdes, Kapolres Lumajang Juga Ajak Masyarakat Rawat Hutan Untuk Kesejahteraan

IMG-20221217-WA0311.jpg

Lumajang,Benua News.com- Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K M.H bersama Dandim 0821 Letkol Czi Gunawan Indra YT S.T M.M, bersilaturahmi ke Desa Papringan Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Sabtu (17/12/2022).

Diterima di kediaman Kades Papringan, dua pimpinan institusi Polri dan TNI di Kabupaten Lumajang itu, ditemui langsung oleh Kades Abdul Ajis. Turut pula mendampingi, Asisten Perhutani ( Asper ) Klakah Aries Soegiharto, berikut perwalian awak media.

Disampaikan oleh Kapolres Lumajang, kegiatan tersebut memiliki tujuan yakni pendekatan dengan desa yang berbatasan dengan gunung Lemongan.

“Antisipasi gangguan kamtibmas, juga serap aspirasi langsung dari lapisan masyarakat,” ucapan.

Selain itu, orang nomer satu di Kepolisian Resor Lumajang itu, mengajak masyarakat untuk menilik sejarah, mengingat Desa Papringan merupakan desa yang dikenal dengan adanya Mbah Citro di Gunung Puji tepat di kaki Gunung Lemongan.

“Melalui ini semua, mari kita rawat. Desa Papringan ini merupakan pintu masuk ke Gunung Lemongan. Kalau ini kita rawat, tentu akan mendatangkan income bagi masyarakat, mengingat Padepokan Mbah Citro kerap didatangi para wisatawan, atau tempat singgah untuk muncak ke Gunung Lemongan. Ini tentu akan meningkatkan perekonomian,” ucap Kapolres.

Senada, Kapolres mengajak semua unsur lapisan masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan, bukan malah sebaliknya dengan kata lain, tidak melakukan penjarahan. Terlebih, ia mengapresiasi manakala pihak – pihak menggiatkan penghijauan.

Sinergi, ia tegaskan melibatkan pemerintahan desa berserta perangkat terus digagas demi kebaikan masyarakat itu sendiri. Terjadi obrolan hangat, membaur dan kadespun mewakili warganya, mengucapkan terimakasih.

Menurutnya, merupakan sebuah keistimewaan bagi dirinya, pemimpin ( Kapolres dan Dandim -red ) berkenan mengunjungi desa pinggiran.

“Menurut saya, ini sesuai dengan harapan masyarakat. Saya ( Kades -red ) yang pertama mengucapkan banyak terima kasih. Yang selanjutnya, mudah – mudahan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Itu harapan dari masyarakat,” ucap Kades.

Disinggung mengenai keamanan, kades yang kerap disapa Dulajis itu mengaku saat ini desanya berbeda dengan waktu – waktu sebelumnya.

“Kalau dulu – dulunya, disini sangat rawan. Itu masalah pencurian sapi. Sekarang, selama tiga belakangan ini, Desa Papringan ada dalam keadaan aman terkendali. Jadi masalah pencurian sapi pencurian sepeda motor, itu alhamdulillah aman sekarang,” imbuhnya.

Berikut arahah yang ia terimanya, selanjutnya kata kades akan selanjutnya diimplementasikan. Disisi lain, soal letak geografis Desa Papringan yang secara tidak langsung berada di kaki gunung Lemongan, kades mangaku tidak khawatir.

Sebab kata dia, hutan ada pada kategori jadi, lebat dan alami. “Perhutani itu ya seperti itu keadaannya, ya sudah jadi sekarang ( hutan lebat ). Jadi meskipun hujan besar, kami tidak khawatir masalah banjir longsor nggak khawatir karena hutannya sudah jadi,” pungkas Kades.

Star

Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top