Inspektur Utama BNN RI Pimpin Taklimat Awal Audit Di Satker Pusat

IMG-20211101-WA0038.jpg

JAKARTA.(Benuanews.com)-Inspektur Utama BNN RI, Drs. Wahyono, M.H., CFrA memimpin Taklimat Awal dalam rangka audit Satker Pusat Tahun Anggaran 2021, di Ruang Jenderal Sudirman, Gedung Tan Satrisna, BNN RI, Senin (1/11).

Dalam kesempatan ini, Irtama BNN RI menjelaskan bahwa kegiatan taklimat awal terkait pengawasan rutin yang dilakukan oleh jajarannya di Inspektorat Utama sangat penting dalam rangka memberikan keyakinan terhadap laporan keuangan di masing-masing satker tingkat pusat.

“Diharapkan bahwa apa yang sudah Kita berikan sosialisasi dan asistensi pada satker sudah sesuai dengan norma kepatuhan dan ketaatan,” imbuh Irtama.

Di samping itu, Irtama BNN juga mengungkapkan bahwa kegiatan audit ini sangat penting bagi organisasi, karena selain untuk melakukan penilaian juga untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan BNN. Oleh karena itulah, Jenderal bintang dua ini menginstruksikan jajarannya untuk dapat melakukan audit secara transparan, akuntabel dan partisipatif.

Sementara itu, pesan penting lainnya juga disampaikan kepada seluruh Kasatker, Pejabat Pembuat Komitmen, bendahara dan pejabat yang terkait dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban anggaran untuk turut menyukseskan pelaksanaan audit.

Pada kesempatan ini pula, Irtama juga menyampaikan ekspektasinya untuk dapat memberikan perbaikan yang maksimal bagi para Kasatker dalam laporan pertanggungjawaban keuangan seiring dengan adanya pola perubahan paradigma APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) dari  watchdog menjadi pendeteksi dini dan penjamin mutu.

Melalui paradigma itulah konsep pengawasan lebih berfokus pada pencegahan terjadinya penyimpangan dan mengupayakan agar satker atau unit kerja dapat proaktif dan menempatkan pengawasan sebagai hal yang penting atau dibutuhkan bagi manajemen. 

“Sehingga membantu tercapainya tujuan organisasi dalam rangka mewujudkan agenda strategis Inspektorat Utama BNN menuju APIP sebagai catalyst for change and trusted advisor ” imbuh Irtama di hadapan para peserta kegiatan hari ini.

Memungkasi pernyataannya, Irtama berharap kehadiran tim audit Inspektorat Utama dapat memberikan manfaat yang besar bagi satker di lingkungan BNN pusat agar lebih profesional, akuntabel dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan dan kinerja.

“Sehingga diharapkan nanti saat pelaksanaan di tahun berikutnya, Kita bisa mempertahankan Laporan Keuangan dengan predikat WTP, untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut”, pungkas Irtama.(red)

scroll to top