Indah Putri Indriani : Alhamdulillah Lutra Masuk Dalam 50 Kabupaten Kategori Maju di Indonesia

FB_IMG_1655961984678.jpg

MASAMBA|| Benuanews.com-Hari ini bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani sangat bersyukur karena Lutra masuk dalam 50 kabupaten kategori maju di Indonesia. hal ini disampaikan Indah saat menyampaikan sambutan pada acara Ekspose desa membangun yang digelar dinas PMD di Aula La galigo Rabu, 23/6/2022.

Indah Putri Indriani mengungkapkan bahwa Itu berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) dengan nilai 0,7137 pada tahun 2022. Kategori maju juga berdasarkan data IDM bahwa tidak ada lagi desa sangat tertinggal di Kabupaten Luwu Utara. Rinciannya ada 20 desa mandiri, 59 desa maju, 76 desa berkembang, dan 11 desa tertinggal.

Atas pencapaian tersebut ujar bupati 2 periode ini, saya memberikan penghargaan percepatan pembangunan desa kepada 12 camat dan 20 kepala desa.

Saya tegaskan, kinerja bapak/ibu sekalian patut diapresiasi. Hanya saja, perlu diingat bahwa ini baru target minimal. Karena, target maksimalnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

IDM adalah indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi yang disusun untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani pengentasan desa tertinggal dan peningkatan desa mandiri. Percepatan kemajuan dan kemandirian desa ini tentu tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri melainkan dengan gotong-royong dan membangun sinergitas.

Makanya lanjut Indah, saya juga tegaskan untuk tidak berbangga jika banyak penerima bantuan di wilayah kita masing-masing. Karena, harusnya itu jadi pemicu bagi kita untuk bekerja demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepada kepala desa, Saya berpesan agar fokus dan berkinerja dengan baik. Ke depan kita prioritaskan desa yang benar-benar peduli dan berkinerja baik dalam mendorong kemajuan dan kemandirian desa.

Kepala desa memang dipilih secara politik, tapi tolong setelah menjabat fokus pada kinerja dan pengabdian kepada masyarakat. Sebab baik buruknya suatu daerah ini tetap daerah kita dan kita harus menjadi bagian untuk memperbaikinya.

Apalagi, negara memberi insentif pada kita. Untuk itu jangan pernah bertanya apa yang daerah berikan kepada kita tapi tanyakan apa yang sudah kita berikan kepada daerah.
Salamaki tapada salama tutup Indah.(RSB#)

Laporan : Team Benua
Editor : Rustan Salam

(Visited 22 times, 1 visits today)
scroll to top