Harapan Masyarakat Dt Parmato Alam Menjadi Orang Nomor Wahid Untuk Payakumbuh 2024 – 2030

IMG-20240707-WA0252.jpg

Payakumbuh,Benua News.com-Turun Mandi merupakan tradisi yang biasanya dilaksanakan jika ada keturunan baru dari sebuah keluarga atau suku, yang bertujuan untuk memberikan kabar bahagia kepada masyarakat.

Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan Turun menurun di minang kabau, agar para generasi penerus tidak lupa akan kebudayaan dan adat istiadat khusus nya di Nagari Parambahan Lamposi Tigo Nagori ,maka di gelarlah tradisi tersebut dalam giat Satu Iven Satu Nagari minggu (7/7/24)

Bertepatan di tahun baru islam 1 Muharam 1446 Hijriah iven yang di adakan di Nagori Parambahan ini di hadiri oleh ketua LKAAM Yendri Bodra Dt Parmato Alam. Dalam Sambutan nya di acara tersebut beliau menyampaikan “Hal inilah yang akan kita wariskan nantinya untuk generasi penerus kita. Kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi, kita takut budaya kita akan tergerus oleh budaya luar. Makanya kami terus mendorong pelestarian adat dan budaya minangkabau untuk diwariskan kepada anak kemenakan kita,”katanya.

Dt. Parmato Alam sangat peduli terhadap adat istiadat,mengerti akan Payakumbuh, paham akan masyarakat kota Payakumbuh juga peduli terhadap pendidikan di kota Payakumbuh,dan saya berharap agar nantinya Dt Parmato Alam terpilih dalam Pilkada 27 November nanti.”ujar Arni disela-sela kegiatan Satu Ivent Satu Nagari “Mambaok Anak Turun Mandi” yang di inisiasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh.

Hal senada juga disampaikan oleh bundo Kanduang Parambahan, berharap Walikota yang bisa menjadi contoh untuk kehidupan sehari hari bagi seluruh warga Payakumbuh baik di bidang agama, yang menjunjung tinggi norma agama, dan adat istiadat, dan membangkitkan kembali adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah.

Serta banyak lagi masyarakat di Parambahan berharap dan mendoakan agar mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh itu terpilih menjadi Orang nomor wahid di Kota Payakumbuh kedepannya

Hadir dalam Iven tersebut ketua KAN Nagari Parambahan, KAN 10 Nagari, Bundo Kanduang 10 Nagari, Camat Lampasi Tigo Nagari Riki Engla (Latina), Lurah,Bundo Kanduang dan niniak mamak serta puti bungsu Nagari Parambahan.

Maksud dan tujuan di adakannya Satu Iven Satu Nagari ini adalah menggali adat dan budaya yang ada di Payakumbuh seperti yang di jelaskan Dt Asa Batuah wakil ketua KAN Latina “adapun acara ini tujuannya bagai mana melestarikan adat dan Budaya sehingga di Payakumbuh ini ada budayanya yang beda beda yang di sebut adat salingka Nagori yang banyaknya 10 , maka dari itu di satukan jadi Satu Iven Satu Nagori yang mengambil tema ” mambaok anak turun mandi yang sudah lama tidak di laksanakan ini saatnya kita kembali membudayakannya , apa lagi acara ini di dukung oleh ketua LKAM Payakumbuh YB Dt Parmato Alam yang sebentar lagi akan berlaga di pilkada serentak yang hanya tinggal hitungan bulan kami masyarakat Parambahan mengantungkan harapan kepada beliau untuk menjadi orang nomor 1 di Kota Payakumbuh ini Pungkas Dt Asa Batuah

(Julian)

Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top