Halima” Budidaya Ikan Air Tawar Merupakan Program Jarapasaka Mengharap Dukungan Dari Pemda Dompu

IMG-20220709-WA0076.jpg

Dompu, NTB benuanews.com -“Halima” adalah nama grup pemuda yang melakukan kegiatan budidaya ikan air tawar. Kelompok budidaya ikan air tawar yang di nahkodai oleh Bang Triping dan bermarkas di Kelurahan Dorotangga, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, NTB ini, melakukan budidaya dua jenis ikan yakni ikan Manila dan ikan Karper.

Berdasarkan keterangan Ketua Halima, Bang Triping pada media ini bahwa kelompok ini dibentuk sejak tahun 2008 lalu dan tergabung 5 pemuda yang melakukan kegiatan budidaya ikan air tawar.

Sejak dibentuknya Halima, kelima pemuda yang dinahkodai oleh Triping ini langsung membuat kolam sebanyak 10 lokal dengan anggaran swadaya yakni melalui patungan secara bersama anggota kelompok.

Walaupun rintisan budidaya ikan ini sempat gulung tikar dan bubar sejak beberapa tahun lalu karena terkendala anggaran, namun pada awal tahun 2022 kelompok Halima kembali aktif dan melakukan kegiatan pembuatan tambang minim dilokasi Lingkungan Pajo Kelurahan Dorotangga, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu,(NTB) hingga sekarang kegiatan yang ditekuni oleh kelompok yang dilakoni oleh kaum muda ini masih berlangsung aktif.

Dari kegiatan budidaya ini, kelompok Halima hanya baru menabur bibit secara perdana dan hanya baru terisi 2 dari 8 kolam saja dengan jumlah benih yang ditabur sebanyak 1.500 ekor.

Menurut Bang Triping, jumlah benih ikan yang dibutuhkan untuk ditabur pada 8 kolam yang masih kosong yakni sebanyak 5.000 ekor Manila dan karper. Diharapkan bibit ikan tersebut adanya bantuan dari Pemerintah Daerah sendiri melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Dompu.

“Kami sudah minta bibit ikan ini secara lisan ke Bapak Bupati Dompu dan Insyaallah bibit yang diharapkan ini akan dibantu oleh Bapak Bupati Dompu, H. Kader Jaelani melalui Dinas Perikanan dan Kelautan,”kata Triping.

Dijelaskan Bang Triping, kegiatan yang dilakukan oleh kelompok Halima ini merupakan bagian dari program Jarapasaka yang merupakan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Dompu, H. Kader Jaelani-H. Syahrul Parsan, ST, MT.

“kegiatan yang kami jalankan ini, merupakan bagian dari program Jarapasaka. Dari kegiatan yang kami lakukan ini, kami hanya menggunakan modal swadaya dan seadanya saja. Kami harapkan adanya dukungan dan bantuan dari Pemda Dompu untuk melancarkan program yang kami jalankan ini,”jelas Abang Triping.
(Hamdan Reporter)

scroll to top