Halal Bihalal Dunsanak Piliang se Sumbar Berlangsung Meriah

IMG-20220530-WA0000.jpg

Payakumbuh, Benuanews.com,- Keluarga Besar Suku Piliang Alam Minangkabau (KBSP AM) Luak 50 Kota yang tergabung dalam “Dunsanak Piliang” mengadakan acara Halalbihalal bertempat di Aula Dangau Pitossa, Sarasah Bunta, Jorong Lubuak Limpato Nagari Tarantang, Kecamatan Harau Kab 50 Kota, Minggu (29/5/2022)

Meski sudah dipenghujung bulan Syawal 1443 H, akan tetapi tidak mengurangi kekhidmatan acara halal bihalal Dunsanak Piliang ini. Acara berjalan dengan sukses dan lancar dan dengan suasana kekeluargaan yang kental.

Ketua Panitia Pelaksana Halal Bilhalal Dunsanak Piliang Opet Dawati dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Keluarga Besar Suku Piliang yang sudah berkenan menghadiri acara halal bihalal ini. “Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh Dunsanak atas kehadirannya diacara kita ini” ujar Opet yang didampingi Ketua KBSP AM 50 Kota Masril.

” Maksud dan tujuan Halal bilhalal ini adalah untuk menjalin silaturahmi antar sesama suku piliang se Sumatera Barat dan se Indonesia yang berasal dari tiga luak minang kabau, luak nan tuo, agam dan 50 Kota. “Apalagi kita ada banyak grup mulai dari daerah, provinsi maupun Indonesia. Selama ini hanya lewat WAG. Moment ini kesempatan bertatap muka dan saling mengenal,” jelasnya.

Opet mengatakan KBSP AM 50 Kota mencatat sejarah bagi Minang Kabau, khususnya bagi Suku Piliang. Pasalnya, HBH tahun ini dihadiri langsung oleh petinggi-petinggi suku piliang berasal dari 3 Luak, yakni; Luak Nan Tuo (Tanah Datar), Luak Agam dan Luak 50 Kota.

Selain itu, juga hadir dunsanak piliang yang tergabung dalam KBSP AM Provinsi Riau dan KBSP AM kabupaten/kota di Sumatera Barat. Misalnya hadir perwakilan KBSP AM Riau Sri Nofrita, SH, KBSP AM Bengkalis, KBSP AM Pekanbaru, KBSP AM Padang, KBSP AM  Luak Nan Tuo (Tanah Datar) dan lainnya.

“Pada Halal Bihalal ini, kami mengundang, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Para Penasehat, Pengurus KBSP AM yang di Provinsi Riau dan kabupaten/kota di Sumatera Barat. Kaganti rokok nan Sabatang siriah nan Sacabiak, Ketek indak basabuikan Namo, Gadang nan ndak basabuikan Gala untuk hadir,” ujar Opet.

“Do’a dan harapan kita semua Semoga senantiasa selalu Sehat Wal’afiat semua dibawah Lindungan Allah SWT. Dalam bingkai senantiasa menjalin rasa Ukhwah Islamiah kita badunsanak di Indonesia umumnya,” ungkapnya.

Opet mengatakan, seminggu sebelum acara, dirinya telah melayangkan undangan ke KBSP AM se Sumbar, termasuk ke KBSP AM Riau. “Alhamdulillah dari perwakilan KBSP AM Provinsi Riau, KBSP AM Bengkalis dan Kota Pekanbaru juga hadir bersama KBSP AM Padang dan KBSP Luak Nan Tuo (Tanah Datar) serta Datuak, Niniak Mamak serta Bundo Kandung dari 3 Luak di Minang Kabau,” jelas Opet yang diamini niniak mamak KBSP 50 Kota, Onli Yusmar.

Sementara itu Ketua KBSP AM 50 Kota Masril menceritakan KBSP AM 50 Kota baru berdiri sejak lebih dari satu tahun belakang. “Maksud dan tujuan dari dibentuknya organisasi ini adalah dalam rangka menjalin persatuan dan kesatuan antar sesama warga suku Piliang” ujar Nasril.

Sebagai kegiatan utama KBSP AM 50 Kota adalah kegiatan sosial yakni mengadakan pengajian setiap bulan dan memenuhi undangan pesta dari anggota serta melayat apabila anggota mendapat musibah.

(Marlim)

scroll to top