GUBERNUR SUMBAR LAKUKAN PELEPASAN LAUNCHING BAHAN PANGAN SATU HARGA DI KEPULAUAN MENTAWAI

pangan-1.jpeg

PADANG (benuanews.com) ~ Sebagai langkah strategis dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan sebagai tidak lanjut dari MOU Pemkab Mentawai – Perum Bulog Kantor wilayah Sumatera Barat, dilakukan launching bahan pangan satu harga di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Launching Pelepasan Bahan Pangan Satu Harga Ke Kabupaten Kepulauan Mentawai dilakukan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah dihalaman kantor Gubernur Sumbar berupa 10 ton bahan pangan diantaranya beras, gula, dan minyak goreng.(20/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah memberikan apresiasi kepada Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang telah memfasilitasi pengiriman bahan pangan ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya mengapresiasi Bapanas yang telah memberikan dukungan untuk Mentawai. Semoga kolaborasi ini bisa terus berlanjut hingga 2023. Dengan adanya kerjasama dalam rangka stabilitasi harga pangan ini setidaknya masyarakat mentawai terhindar dari tingginya inflansi,” ucap Gubernur Sumbar.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga mengintruksikan kepada Dinas Pangan Sumbar agar ikut juga mengirimkan bahan pangan serupa ke Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui toko tani dengan membeli dari petani dan dibantu Bapanas untuk pengiriman ke Mentawai.

Pada kesempatan yang sama Direktur Perumusan Standar Pangan Nasional, Bapanas, Yusra Ekayati menyebutkan bahwa fasilitasi distribusi pangan dilaksanakan dalam rangka menjaga pasokan pangan dan stabilisasi harga di daerah rawan pangan.

“Fasilitasi distribusi pangan dari daerah surplus ke daerah yang kurang merupakan bagian dari tugas Bapanas seperti mengkoordinasikan, merumuskan, dan menetapkan kebijakan terkait ketersediaan pangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan. Ini bagian dari upaya kita menjaga pasokan pangan dan stabilisasi harga di Kepulauan Mentawai,” ungkap Yusra.

“Kerjasama dalam rangka stabilitasi bahan pangan satu harga ini sangat perlu di lakukan guna menjaga pasokan pangan agar kondisi stabil dan masyarakat mendapat bahan pangan yang terjangkau. Kebutuhan pangan yang didistribusikan ke Mentawai biayanya sangat besar, sehingga harga sembako di bumi Sikerei masuk kategori tinggi. Insyallah dengan adanya kerjasama ini, masyarakat mentawai dapat terbantu dari dampak tingginya harga pangan terutama jelang natal dan tahun baru. Semoga kerjasama ini berkelanjutan dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Mentawai ” kata Pj Bupati Mentawai Martinus Dahlan dalam sambutannya.

Hadir dalam acara Launching Pelepasan Bahan Pangan Satu Harga Ke Mentawai tersebut Pj. Bupati Mentawai Martinus Dahlan S.Sos.,M.M, Ketua DPRD Mentawai Josep Sarogdok, Kepala Dinas Pangan Sumbar, Efendi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Asben Hendri, Unsur Forkopimda Mentawai, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Mentawai.(W)

scroll to top