Giat Layanan Bingbingan Karir di SMKN 12 Untuk Meningkatkan Minat Pendidikan Ke Perguruan Tinggi

IMG_20210924_132435_132-scaled.jpg

Kab.Tangerang – Benuanews.Com – Dalam kegiatan layanan bingbingan karir di SMKN 12 Bertujuan untuk meningkatkan minat serta motivasi siswa-siswi kelas 12 untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jumat (24/9/21).

Yang pesertanya perwakilan kelas 12 dari tiap-tiap jurusan yang mewakili diantaranya jurusan :
1.Tehnik Kndaraan Ringan ( TKR). 2.Urusan Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL).
3.Jurusan Daring dan Pemasaran.
4.Jurusan Tehnik Instalasi Tenaga Listrik.
5.Jurusan Desain Pemodelan.
6.Informasi Bangunan.

Pembingbing kegiatan layanan bingbingan karir oleh Feby Deriawan Pratama.S.Pd. Yang mengatakan sebagian besar yang di libatkan dalam kegiatan layanan bingbingan Karir ini, yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar, karena dari pihak sekolah mendorong peserta didik SMKN 12 yang mempunyai KIP untuk bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Karena kalau melihat dari tahun-tahun sebelumnya program-program Kartu Indonesia Pintar, sama dengan yang dulu ada program jalur Bidikmisi jadi kalau lulus seleksi mereka bisa kuliah gratis dan mendapatkan uang setiap bulan untuk bantuan biaya kuliah nya.

Ketika peserta didik di SMKN 12 ini ada kesempatan kita sudah siap sebelumnya, untuk mendukung program itu supaya lulusan SMKN 12 banyak siswa-siswi nya melanjutkan ke perguruan tinggi dan mendapatkan beasiswa dari program-program pemerintah.

Program layanan bingbingan karir ini kita siapkan dari sekarang, selain pada umumnya lulusan SMK itu orentasinya mencari kerja, semoga hasil kegiatan ini bisa meningkatkan minat kuliah dan kedepannya bisa berjalan lancar serta berkelanjutan di SMKN 12 Legok.

Saat ini siswa-siswi yang di undang sebanyak 36 siswa dari perwakilan kelas 12 dan alhamdulilah mereka antusias dan bisa mengetahui dan menerapkan prokes, dan peserta layanan bingbingan karir mengetahui bahwa kuliah itu tidak harus biaya mahal bahkan ada yang gratis, peserta mengikuti kegiatan layanan bingbingan karir ini yang di mulai dari pukul 01.00 s/d 3.30.WIB. Disalah satu ruangan kelas lantai 2.

Pesan dari pimpinan (Kepsek) SMKN 12 M.Akrom itu sendiri karena SMK orentasinya ke kerja tapi kalau melihat SMK itu banyak alangkah baik nya suatu saat yang me didik atau mengajar di SMK itu memang dari lulusan SMK mau kuliah juga ngambil jurusan sesuai jurusan pada waktu di SMK nya, sehingga nantinya bisa memanfaatkan ilmu nya untuk bisa mengajar juga di SMK, akan lebih optimal ketika praktisi yang memang dari bawah terus berlanjut.

Harapan kami semua lulusan dari SMKN 12 Legok bisa terserap di dunia industri dan bisa meningkat minat untuk melanjutkan ke Perguruan tinggi.

Dalam kesempatan yang sama Humas SMKN 12 Asep Saepul.S.Pd, saat di temui awak media di ruang loby SMKN 12 Legok menyampaikan, di harapkan setelah anak-anak medapatkan layanan informasi mereka jadi muncul semangat melanjutkan ke jenjang Pendidikan tinggi, agar bisa meningkatkan taraf ekonomi keluarga, karena dengan kuliah insya Allah kedepannya keputusan pribadinya dalam mencari kerja itu akan lebih mudah dan tingkatanya pasti lebih dari anak-anak SMK, dari posisi, maupun penghasilan, akses nya lebih luas.

Memang minat anak SMK sebagian besar baik di daerah maupun di kota kebanyakan cendrung masuk ke dunia industri karena memang tujuan SMK ke arah sanah, tapi tidak menutup kemungkinan anak SMK itu bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi misal ke poli teknik, ketika bisa masuk ke poli teknik itu pendidikanya lebih bagus dan bertambah soft skil nya dan bisa di percaya di dunia luar untuk cepat bisa sukses dalam bekerja.

Semoga dengan adanya kegiatan layanan bingbingan karir ini bisa di terima oleh siswa kelas 12 dan bisa meningkat keinginan untuk mau melanjutkan ke Perguruan tinggi yaitu kuliah dan bisa menjadi motivasi bagi ade kelasnya.

Dan bagi lulusan SMKN 12 bisa lebih percaya dan mengetahui cara-cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis, agar mengetahui bahwa kuliah itu tidak harus orang yang mempunyai banyak uang akan tetapi mereka mempunyai pengetahua dan cara-cara mengikuti program-program beasiswa dari pemerintah maupun dari pihak swasta.

Semoga setiap tahun lulusan SMKN 12 bisa sukses bekerja dan bisa melanjutkan ke perguruan tinggi baik Negeri maupun swasta,”tutup asep s.

(K@Yadi)

scroll to top