Gandeng Puskesmas, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Kembali Gelar Posyandu di Kampung Tatakra Wilayah Perbatasan RI-PNG

IMG-20211024-WA0027.jpg

KEEROM, benuanews.com- Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan generasi penerus bangsa, Pos Tatakra Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista bekerjasama dengan Puskesmas Ubrub mengadakan bakti kesehatan Posyandu di Kampung Tatakra, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Minggu, (24/10/2021).

Dansatgas menuturkan kesehatan anak dan balita menjadi konsen utama bagi pemerintah karena anak dan balita merupakan generasi penerus bangsa, sehingga dibutuhkan perhatian khusus agar kesehatannya dapat terjamin, salah satu langkah yang dilakukan dengan memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan anak dalam bentuk pencegahan penyakit, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan.

“Salah satu upaya yang bisa kami lakukan adalah dengan memberikan perhatian khusus pada anak dan balita yaitu dengan melalui program posyandu khususnya bagi warga yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG ini,” tutur Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Tatakra Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Triyanto mengatakan bahwa Posyandu memiliki peran yang sangat penting karena selain mampu membantu mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Posyandu juga memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan balitanya melalui pola konsumsi keluarga.

“Dalam kegiatan kali ini Puskesmas Ubrub menyiapkan vitamin dan suplemen penambah darah bagi sang ibu, kemudian untuk anak diberikan vitamin A serta Imunisasi DPT, sedangkan kami menurunkan 5 (lima) personil kesehatan untuk membantu pelaksanaannya” ucap Triyanto.

“Semoga dengan kehadiran Puskesmas Ubrub yang berkolaborasi dengan tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista dalam kegiatan ini selain sebagai bentuk sinergitas dengan lembaga kesehatan daerah juga sekaligus dapat mempererat hubungan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat di wilayah perbatasan,” tambah Triyanto.

Sementara itu, Bidan desa Ubrub ibu Desi (31) mengatakan bahwa kegiatan Posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh timnya, pihaknya juga mengapresiasi hadirnya TNI yang turut mengajak, mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan ini.

“Kami merasa bangga dan salut dengan bapak-bapak TNI yang telah inisiatif mengajak dan menghubungi kami untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan Posyandu di Kampung Tatakra ini, memang kami sudah lama berencana akan mendatangi kampung ini dan dengan adanya kolaborasi bersama bapak-bapak TNI pelaksanaan Posyandu ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, semoga kedepan kegiatan kolaborasi seperti ini dapat terus digalakan,” tutur Desi. (Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP)

scroll to top