Dukung Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis HAM, Lapas Lumajang Bahas Rencana Kerjasama Dengan SLB Negeri Tompokersan

IMG-20240715-WA0144_copy_1020x768.jpg

Lumajang,Benua News.com- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lumajang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB) Tompokersan Lumajang untuk berkoordinasi terkait perencanaan program pelatihan bahasa isyarat. Lapas Lumajang, yang diwakili oleh Kukuh selaku Kasubsi Perawatan, disambut langsung oleh Anik, Kepala Sekolah SLB TompoKersan.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas kerjasama dalam memberikan pelatihan bahasa isyarat kepada petugas Lapas Lumajang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur sebagai penunjang pemberian pelayanan berbasis Hak Asasi Manusia (p2HAM). “Kita berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk bersedia bekerjasama dengan pihak Lapas dalam memberikan pelatihan bahasa isyarat,” jelas Kukuh.

Dengan menguasai bahasa isyarat, nantinya para petugas diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih inklusif dan ramah terhadap warga binaan dan pengunjung yang memiliki kebutuhan komunikasi khusus.

Sebagai langkah awal, Lapas Lumajang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur akan menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan pihak SLB. Pelatihan ini direncanakan akan dilaksanakan dua minggu ke depan, dan para peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan akan diberikan sertifikat.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Lapas Lumajang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, khususnya dalam memenuhi kebutuhan komunikasi bagi narapidana dengan gangguan pendengaran, sekaligus sebagai langkah konkret dalam penerapan p2HAM.

(M.HADI)

Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top