Dukung Listerasi Masyarakat Polres Pemalang Salurkan 1.200 Buku

IMG_20230908_095852.jpg

 

Pemalang – Sekitar seribu buku bacaan untuk anak – anak didistribusikan oleh Polres Pemalang, di wilayah jauh dari perkotaan lebih tepatnya Di Desa Pabuaran Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Kamis (7/9/2023)

 

Adapun jumlah buku yang didistribusikan sebanyak 1200 buku, untuk pengetahuan seperti Anak Usia Dini, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

Target pertama kegiatan yaitu di SMP Pabuaran, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

 

Diketahui Desa tersebut, merupakan wilayah terisolir baik dari akses jalan maupun jaringan internet.

 

Kepala Bagian SDM Polres Pemalang, yakni Kompol Pranata mengatakan Kegiatan ini merupakan program Kapolri tahun 2023.

 

Dengan tema “Distribusi Buku ke Pelosok Nusantara”, dan harus segera dilaksanakan.

 

Terutama dengan sasarannya adalah desa yang jauh dari perkotaan dan terpencil, salah satunya seperti Desa Pabuaran, Kecamatan Bantarbolang.

 

Kemudian yang tidak memiliki akses jaringan internet dan WiFi, bahkan sinyal di handphone (HP) pun susah. paparnya

 

Menurut Pranata, pendistribusian buku ke pelosok desa dilepas oleh Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska dengan memberdayakan pada personil Babinkamtibmas Polres Pemalang.

 

Dimana sepeda motor Babinkamtibmas dibekali buku-buku bacaan. “Program ini untuk meningkatkan literasi serta komitmen Polri dalam mendukung pengembangan budaya literasi di seluruh pelosok desa.

 

Sebab, Literasi merupakan kunci pemahaman yang lebih baik khususnya untuk anak- anak sekolah,” kata Pranata.

 

Sementara itu, kepala sekolah SMP Pabuaran, Taswo, mengatakan bahwa jumlah buku disekolahnya tidak mencukupi untuk kebutuhan siswa yang ada disekolahnya.

 

Dengan adanya bantuan buku dari kepolisian tentunya dapat membantu pengetahuan siswa.

 

“Saya merasa terbantu dengan bantuan buku ini, sebab untuk sekarang ini minat baca anak-anak cenderung menurun karena keterbatasan buku yang sekolah miliki,” kata Taswo.

 

Perlu diketahui, Desa Pabuaran, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah terletak pada ketinggian 80 Meter diatas permukaan laut (Mdpl).

 

Dimana akses menuju desa tersebut harus naik turun bukit dan melewati hutan hutan sekitar nya sejauh 15 kilometer dari akses jalan raya besar.

 

Ditulis : Surya

scroll to top