Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Gelar Lombaan Tahfizd Al Qur’an dan Literasi Tingkat SMP

IMG-20211122-WA0016.jpg

Pessel, Benuanews. Com. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, bakal menggelar perlombaan Tahfizd Al Qur’an dan Literasi jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di daerah itu.

Penanggung Jawab Teknis Kegiatan (PPTK) Zul Muklis di dampingi Kasi peserta didik dan pembangunan karakter, Diki Agia Putra mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan program dari Dinas Pendidikan pada bidang SMP sekaligus dalam mendukung Visi dan Misi pemerintah daerah setempat.

Disamping itu, lanjut Zul Muklis menyampaikan pada perlombaan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan peserta didik kepada Al Qur’an, serta mengembangkan potensi di bidang ke agamaan tulis baca Al Qur’an khususnya. Kemudian juga anak didik dapat menguasai isi nya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari.

“Jadi kita ingin generasi kita ini adalah generasi yang senantiasa hidupnya dihiasi oleh Al Qur’an, dan dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari – hari,” kata dia, Senin (22/11).

Ia menjelaskan, untuk perlombaan Tahfizd Al Qur’an itu bakal digelar selama dua hari, 25 – 26 November 2021, besok minimal dua orang siswa (Putra – Putri) di masing – masing sekolah. Sedangkan untuk perlombaan Literasi digelar pada 2 Desember 2021 mendatang.

“Ini perlombaan Tahfizd Al Qur’an pertama diadakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan yang di gelar di Hotel Anordio nantinya,” kata dia.

Ia menyebutkan, dalam perlombaan Tahfizd Al Qur’an itu didatangi dewan juri yang independen di luar Institusi Dinas Pendidikan, yaitu dari Dosen UIN Padang, STAI MA Bayang, dan Kua Koto IX Tarusan.

“Pada perlombaan Tahfizd Al Qur’an ini, ada tiga bidang penilaian, yaitu bidang Hafalan, Taqlim dan Fasahah,” ujarnya.

Ia menambahkan, di kegiatan tersebut pihaknya bakal memberikan sertifikat penghargaan bagi anak – anak yang menyabet prestasi beserta bonus sesuai dengan anggaran yang di anggarkan.

“Saya berharap melalui lomba ini bakal muncul Tahfizd yang dibanggakan dan benar – benar menghayati Al Qur’an nantinya,” tutupnya.(MW)

scroll to top