Diguyur Hujan Deras, Kabupaten Agam Dilanda Longsor

Agam, benuanews.com Curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Jumat Dinihari (10/12/21). berdampak longsor di 2 titik pada 2 Kecamatan di Kabupaten Agam.

Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Kabupaten Agam, dua titik longsor terjadi di Hulu banda Jorong Salimpauang , Nagari Malalak Utara Kec. Malalak dampak yang ditimbulkan longsor tersebut adalah material tanah dan pohon menutupi ruas jalan.

Akibat longsor, akses jalan hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dengan sistem buka tutup dan roda empat tidak dapat melewati ruas jalan tersebut.

“Saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Pusdalops melakukan penanganan di lokasi  dengan Dinas PUTR Kab. Agam, Camat Tanjung Malalak dan  Walinagari, kemudian melakukan pembersihan secara manual material pohon dan lumpur untuk akses sementara kendaraan roda dua dan empat sudah dapat dilalui dengan buka tutup,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Agam, Irman, ST.

 
Kemudian tanah longsor juga terjadi di Simpang Patai Nagari Nan Tujuah Kec. Palupuh. dampak yang ditimbulkan material tanah dan pohon, menutupi ruas jalan Palembayan menuju Palupuh.

“setelah dilakukan penanganan BPBD Agam bersama Balai Jalan Dinas PUTR Propinsi Sumatera Barat. Akses jalan sudah dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, dengan arus lalu lintas lancar,” kata Irman.

Pada kesempatan ini disampaikan kepada masyarakat dengan cuaca ekstrem sekarang ini, untuk dapat berhati-hati saat melalui daerah rawan bencana. “Kenali Bencananya, Hindari Resikonya.” Ucap Irman.

scroll to top