Diduga Kades Sisarahili Soroma’asi OW, Palsukan Data Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahun 2023 dan 2024

IMG-20240304-WA0066.jpg

Gunungsitoli_BenuaNews, 04 Maret 2024
“Dalam Penyaluran bantuan Pemerintah Pusat kepada Masyarakat, Penerima Bantuan Pangan (PBP) Berupa Beras, di kalangan bawah saat ini penuh dengan mekanisme yang diadakan, salah satu kriteria tersebut ada beberapa poin yaitu, Bukan orang yang meninggal dunia(Tanpa Ahli Waris) bukan dari seorang PNS, TNI, POLRI BUMN/BUMD, Penerima Bantuan Pangan (PBP) Berupa beras harus benar-benar dari kalangan Masyarakat Miskin yang terdata di P3KE(Data Pensasaran Penghapus Kemiskinan Extrem) untuk meminimalisir tingkat Kemiskinan.

“Salah satu desa yang telah menerima bantuan pangan tersebut adalah desa Sisarahili Soroma’asi, Kecamatan Ulu Gawo Kabupaten Nias, Tetapi diduga Kades Sisarahili Soroma’asi Oktavianus Waruwu, Manipulasi data dan menyalahkan wewenangnya dalam penyaluran bantuan pangan beras tersebut kepada masyarakat.

“Dalam Keterangan masyarakat Desa Sisarahili Soroma’asi kepada awak media ada beberapa masyarakat yang miskin layak menerima bantuan tersebut sehingga data mereka sudah ada dari awalnya, dengan atas nama. FZ, ANR, NZ, MZ, MNDE, HZ, DZ, SZ. dalam keterangan kepala keluarga tersebut kepada awak media, mengatakan “Nama kami sudah ada dalam daftar penerima yang telah dikeluarkan oleh Kemensos RI melalui Pos Indonesia sejak tahun 2023 hingga sampai 2024 ini, tetapi kepala desa Sisarahili Soroma’asi Oktavianus Waruwu, telah manipulasi data ketika bantuan pangan tersebut di salurkan kepada kami, sehingga data dari Pos Indonesia terterai nama kami sebagai penerima bantuan pangan tersebut, tetapi di alihkan nya secara sepihak tanpa sepengetahuan kami, kepada saudara dekat nya bahkan kepada beberapa orang yang tidak sepantasnya menerima bantuan tersebut, dalam hal ini kepala desa Sisarahili Soroma’asi Oktavianus Waruwu, telah merugikan kami, dan telah Menyalahgunakan wewenangnya Tutup mereka dengan merasa Kesal.

“Dalam waktu yang berbeda awak media, mencoba menelusuri tentang kebenaran Penyaluran Bantuan pangan tersebut di Pos Indonesia, yang beralamat di Jl. Moh Hatta Nomor 1, Saombo, Kecamatan Gunungsitoli Kota, dalam keterangan Pegawai Pos Indonesia tersebut kepada awak media, yang tidak ingin mau disebutkan Namanya. “Iya bang kita hanya sebatas sebagai penyaluran yang notabene nya data masyarakat yang diberikan langsung oleh Pihak Kementerian Sosial kepada Kita, dan kita langsung melakukan penyaluran kepada setiap desa, Dan Pemerintah Desa Sisarahili Soroma’asi yang langsung akan membagikan kepada masyarakat yang namanya telah terdaftar sebagai penerima pangan.

“Dalam waktu yang berbeda awak media mencoba konfirmasi kepada kepala desa Sisarahili Soroma’asi Oktavianus Waruwu melalui Via Telpon Cellular di Nomor HP+628236410XXXX, Menjelaskan, “Kalau masalah penyaluran terus bang, sudah tepat sasaran sesuai mekanisme intruksi dari atas sudah sesuai kok.

“Ketika awak media bertanya apakah sudah di buat kan berita acara pengalihan nama penerima bantuan tersebut, Kepala desa Sisarahili Soroma’asi tidak bisa menjelaskan, yang penting itu sudah sesuai bang, Jawaban Oktavianus Waruwu tersebut, sambil mengirimkan sebuah SMS whatsapp yang tidak terbukti siapa nama tersebut yang telah menginstruksikan.

“Tanggapan dari Hermansyah Telaumbanua, sebagai Ketua LPKPI menyampaikan kepada awak media, “saya akan segera melaporkan Kepala Desa Sisarahili Soroma’asi Oktavianus Waruwu tersebut ke APH. (YZ)

scroll to top