Di Hantam Banjir, Bendungan Kwangko Jebol

IMG-20211102-WA0005.jpg

Dompu NTB Benuanews.com Banjir bandang hantam Bendungan baru Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu pada Ahad 31 Oktober 2021 sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Bendungan baru yang dibuat oleh Pemdes Kwangko tersebut pernah dihantam banjir bandang satu tahun silam dan meluluh lantarkan warga setempat, banyak warga yang kehilangan tempat tinggal akibat banjir tersebut.

Bendungan tersebut merupakan salah satu akses jalur irigasi pertanian masyarakat, dengan demikian Pemerintah Desa Kwangko harus segera melakukan perbaikan kembali agar masyarakat bisa segera mendapatkan air untuk keperluan bercocok tanam.

Kepala Desa Kwangko, Nursalam mengatakan: “Bendungan jebol diluar dari perbaikan kami dan hari ini kami belum mengkonfirmasi ke pemerintah daerah dengan terjadinya tadi malam.

“Malam Senin 31/10/2021 banjir besar menghantam tebing yang tidak jauh dari Bendungan lama.

“Penanganan sementara kami belum ada karna terkendala curah hujan yang tinggi dan kondisi bendungan tidak memungkin—kan dengan anggaran yang sedikit,” ujarnya.

Bendungan Desa Kwangko Insya Allah tahun depan akan ada pengerjaan baru karna memang pemerintah desa bersama Badan Permusyawarat Desa (BPD) sudah mengajukan proposal ke Dinas Pertanian dan Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Dompu, ia menambahkan.

Harapan besar kami selaku pemerintah desa agar direalisasikan secepat mungkin dari Pemerintah Daerah, supaya tidak ada musim kekeringan di Desa Kwangko ini, tutupnya.
Reporter: Syam
Editor:imran

scroll to top